2 Faktor Yang Mempengaruhi Harga Jasa Pembuatan Website

Sebagai orang awam, pertanyaan berapa harga jasa pembuatan website itu hal yang wajar. Anda berhak bingung tentang perbedaan biaya bikin website. Ada yang memasang harga 500 ribuan, ada yang 1 jutaan, ada yang 3 jutaan dan juga ada yang tidak bisa membuka harga sebelum ketemuan. Jadi, apa beda website 1 jutaan dengan web 500 ribuan ? Faktor apa yang mempengaruhi harga pembuatan web ?

2 faktor yang mempengaruhi harga pembuatan website. Platform dan Pengalaman

PLATFORM PROGRAM WEB YANG DIGUNAKAN

Jadi, ada dua jenis website yang anda kenal, static dan dynamic web. Bagaimana sebuah web disebut dynamic ? Karena gambarnya berubah-ubah, tulisannya bergerak kekanan dan ke kiri dan warnanya berganti setiap beberapa detik. Sebaliknya web statis itu kaku, tidak ada slideshow maupun flash playernya.

Salah bro, tampilan tadi tidak ada hubungannya dengan istilah statis atau dinamis. Web statis bisa dikasih gambar bergerak dan juga web dinamis bisa dibuat monoton. Yang dinamakan web dinamis itu adalah website yang menggunakan database. Jadi yang berubah – ubah adalah datanya.

Contoh website dinamis banyak, seperti detik.com yang anda baca setiap hari, suarasurabaya.net, Yahoo.com dan 99% toko online yang anda kenal. Hampir semua website besar menggunakan sistem web dinamis karena digunakan banyak orang secara bersamaan.

Orang awam menyebut web dinamis ini dengan istilah CMS atau Content Management System. Namun CMS tidak sama dengan WordPress,  Joomla, Magneto ataupun Opencart. Yang kita sebut barusan itu adalah nama programnya. Ada banyak sekali varian CMS ini, namun semuanya memiliki kesamaan, yaitu memiliki dua tampilan. Front-end yang dilihat user dan admin Back-end untuk meng-input data.

Itulah sebabnya website yang menggunakan sistem CMS umumnya mahal. Developernya harus membuat dua disain yang berbeda. Disain yang dilihat user dan disain yang dilihat admin. Tapi pak, kan ada website CMS 500 ribuan. Bahkan ada yang cuman 300 ribu sudah dapat nama domain dan hostingnya.

Contoh website yang menggunakan cms opensource atau gratisan

Betul,  ada dua jenis CMS yang dijual pembuat website. Yang pertama adalah CMS opensource, sedangkan CMS lainnya buatan sendiri. Namun harga tidak bisa dijadikan patokan, kalo murah berarti CMS gratisan. Contohnya adalah vKios.com.

Membuat website di vKios.com murah, hanya Rp 500.000,00 saja. Untuk perpanjangannya hanya Rp 300.000,00 pertahun. Tapi vKios tidak menggunakan CMS opensource. Mereka bikin sendiri website untuk kliennya.

Jadi mengapa kita harus memusingkan masalah opensource atau tidaknya Pak ? Pokok’e kan wes jadi website.

Andaikata website milik anda sudah menghasilkan, anda menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mengisi website anda. Kemudian di-hack orang sehingga tidak bisa diakses lagi. Ke mana anda akan meminta tolong ? Paling tidak menyelamatkan data-data anda sehingga tidak perlu mengulangi proses penginputan data yang melelahkan itu.

CMS open source memiliki aturan dasar bahwa bahasa pemrogramannya bisa diakses publik, tak terkecuali siapa saja. Seorang hacker bisa mengubah kode-kodenya semau dia. Seorang pengguna boleh menambahkan fitur-fitur ke CMS tersebut. Dan orang iseng pun memiliki hak untuk membobol keamanan CMS opensource tadi.

Sebenarnya, sistem keamanan CMS opensource sudah bagus, tapi karena bahasa pemrogramannya terbuka maka selalu ada celah keamanan yang baru. Itulah sebabnya developer CMS opensource sering mengupdate source code-nya. Selama anda rajin meng-update core program CMS, plugin dan theme-nya, 90% website anda akan aman.

Namun bukan berarti CMS buatan sendiri lebih aman. Sangat tergantung dari programmernya. Kalo programmernya pinter maka website anda akan aman, tetapi kalo programmernya kurang pinter, website anda terancam di hack orang iseng. Namanya saja orang iseng, jadi kerjaannya ya meng-isengin orang. Jadi jangan marah karena website anda di-hack. Salahkan diri anda yang maunya murah selamat karena kenyataannya tidak ada yang murah bisa selamat.

Website  yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman dreamweaver

Tidak ada yang bisa di hack. Kalaupun kena hack, langsung dihapus dan diupload lagi. 5 menit selesai. Tapi saya yakin tidak akan kena hack orang, kecuali password domain dan hostingnya dibobol orang.

Website statis jauh lebih mahal daripada CMS opensource karena dibuat dari nol. Juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Kalo CMS opensource paling lama 5 menit sudah jadi. Tinggal proses penginputan datanya saja. Tergantung dari jumlah barang yang dijual, semakin banyak akan semakin lama.

Nah, jangan berpikir bahwa dengan 500 ribu rupiah saja anda sudah punya website lengkap beserta isinya. 500 ribu itu cuman install programnya tok. Isinya anda yang meng-input sendiri. Lah nek cuman bayar 500 ribu sudah jadi website lengkap dengan isinya, makan apa programmernya ? Apalagi jika kena klien yang barangnya 100 item lebih. Belum kalau si klien minta revisi karena salah ketik atau salah tulis harga. Belum nunggu klien lengkapi datanya. Belum kalau salah masukkan kategori produknya.

Nah, bagaimana dengan web CMS seharga 1 jutaan ? Apakah mereka yang input data produk anda ? Tidak juga. Oh Tuhan….sekali lagi…anda hanya membeli program CMS-nya bukan bayar segitu tahu beres. Anda masih harus meng-input sendiri data produk yang anda jual.

 

PENGLAMAN DAN SKILL WEB DEVELOPER

Orang yang baru jualan jasa pembuatan website pasti jual murah. Karena mereka mengejar portofolio klien. Semua bisnis baru pasti melakukan strategi banting harga untuk mencari nama sambil mempelajari pasar. Saya sendiri juga begitu, dulu saya jual berapa saja yang anda minta. Toh namanya juga belajar dan dibayari orang.

Namun sekarang saya sudah punya tarif tersendiri. Jika orang mau membayar di bawah harga standar saya, maka dengan senang hari saya mempersilahkan mereka mencari jasa pembuatan website lainnya.

Mengapa ? Karena sebenarnya mereka bukan membeli website, mereka membeli pengalaman saya.

Selama 2 tahun ini saya belajar banyak dari kesalahan dan keberhasilan saya. Ada cara yang bisa berhasil dan juga ada cara yang berujung kegagalan. Ada disain yang baik dan juga ada disain yang menjual. Disain yang indah tetapi tidak menghasilkan penjualan itu sia-sia. Tujuan sebuah website itu menghasilkan uang. Bukan enak dilihat atau bikin orang “WOW” !

Jasa Pembuatan website pengalaman di Surabaya

Melalui pengalaman, saya tahu bahwa disain untuk konsumen wanita berbeda untuk konsumen pria. Saya belajar bahwa konten untuk end user itu berbeda dengan konten untuk agen atau reseller. Saya juga belajar memanfaatkan kekuatan brand untuk mempengaruhi persepsi orang dan juga belajar untuk mempromosikan brand baru agar bisa bersaing dengan brand yang lebih tua. Dan yang terpenting adalah saya belajar untuk mendatangkan traffic potensial, bukan sekedar meningkatkan traffic website.

Saat ini, sebagian besar waktu saya gunakan untuk memikirkan strategi mempromosikan website, bukan mengutak-atik disain website. Klien saya menuntut hasil, bukan disain yang “WOW” ! Tidak ada gunanya mendapatkan decak kagum orang yang melihat website kita. Yang berguna itu yang men-transfer duit ke rekening kita.

Nah, bagaimana caranya membuat website yang menghasilkan uang ? Caranya adalah dengan mempelajari SEO dan CRO. Search Engine Optimization adalah suatu cara untuk mendatangkan pengunjung ke website kita. Sedangkan Conversion Rate Optimization adalah suatu cara untuk merubah pengunjung menjadi pembeli. Kedua ilmu ini harus dipelajari setiap hari karena aturannya berubah sesuai dengan perkembangan teknologi.

Nah, sekarang coba bayangkan diri anda sendiri. Anda mau membuat website yang menghasilkan hanya dengan modal 500 ribu rupiah. Website-nya sih sudah ada, tinggal di isi data-datanya. Apa yang anda tulis di web tersebut ? Tahukah anda bahwa perbedaan satu kata saja bisa berarti jauh di dunia internet ?  Tahukah anda bahwa orang yang mengetik “Pompa kolam” itu berbeda dengan “Pompa Kolam Renang”  ? Atau jika kata-katanya dibalik juga artinya berbeda, “Kolam Pompa” dengan “Kolam Renang Pompa” ?

Jasa pembuatan website berkualitas dan profesional

Atau tahukan anda perbedaan perilaku konsumen yang mengetik “Pompa Kolam Renang 2HP” dengan  “Harga Pompa Kolam Renang”. Perbedaan kata yang kelihatannya sepele itu bisa berarti banyak terhadap CRO. Apakah anda ingat arti CRO tadi ?

Ada banyak faktor yang mempengaruhi biaya pembuatan website. Namun jauh lebih banyak lagi faktor yang mempengaruhi keberhasilan sebuah website. Perbandingannya seperti langit dan bumi karena sesungguhnya website hanyalah sebuah alat penjualan. Bukan sesuatu yang mewah atau istimewa. Website adalah salah satu media penjualan, sama seperti marketing anda, supir anda, kepala gudang anda dan admin anda.

Anda tau betul marketing pinter itu umumnya bergaji besar. Semakin banyak pengalamannya semakin tinggi pula gajinya. Sama halnya dengan website. Kalau yang buat pengalamannya banyak, otomatis harganya mahal. Kalau mau yang baru belajar bikin website ya jelas murah. Tapi bagaimana dengan hasilnya ? Nol besar ditambah sakit hati serta keki ! Cek bodoh’ne sih orang ini. Eiiiit…..jangan salah. Bukan saya saja yang bodoh….anda juga bodoh karena sudah tau baru belajaran gini masih saja dipakai.

Bagaimana anda menilai skill jasa pembuatan website ? Tidak mudah. Justru anda harus menentukan sendiri kebutuhan apa yang penting untuk website anda. Apakah anda membutuhkan CMS atau Web statik ? Sebelum anda menentukan platform web yang anda inginkan jangan mencari jasa pembuatan website.

Ada dua jenis jasa pembuatan website di dunia ini. Pertama, jenis programer. Mereka memiliki keunggulan di otak kirnya. Logikanya encer, programnya bagus, rapi, lengkap dan aman.  Jika anda mau membuat toko online, portal, situs jual beli seperti tokobagus ataupun situs berita seperti detik.com, Maka anda harus mencari mereka, web developer atau web programmer.

Yang kedua adalah jenis designer. Mereka unggul di otak kananya yang berhubungan dengan seni, abstrak dan imajinasi. Website buatannya pasti bikin orang bilang “WOW”.  Anda harus mencari mereka jika mau membuat website yang menjual gaya hidup, specialty produk atau branding.

Jangan sampai salah memilih webmaster karena mereka juga memiliki kelemahan yang bertolak belakang dengan kelebihannya. Web programmer yang kuat di otak kirinya cenderung lemah di bagian seninya. Programmnya memang ciamik tapi disainnya rata-rata kadang malah jelek. Itu wajar karena begitulah dia diciptakan. Sedangkan web designer kurang ahli di bidang yang menuntut hitung-hitungan dan logika. Dia dan anda akan sama-sama frustasi jika berhubungan dengan database.

alt="Jasa Pembuatan Website Profesional Surabaya"

Yang disebut bencana adalah anda sebenarnya membutuhkan web programer tetapi menyewa web designer. Atau sebaliknya anda menginginkan website yang indah namun sudah deal dengan web programmer yang mati otak kanannya. Sama-sama stress dan sama-sama terikatnya karena DP. Inilah salah satu alasan saya tidak menerima DP sebelum anda melihat website buatan saya secara live. Saya mau posisi yang sejajar dulu sambil melihat apakah anda ini jodoh dengan saya atau tidak. Kalo tidak jodoh, yah mohon maaf. Kita bukan hanya bekerja, kita harus menikmati setiap detik yang kita kerjakan bukan ?

 

KESIMPULAN

Dari dulu hingga sekarang,  harga menentukan kualitas produk. Namun bukan berarti yang mahal yang paling baik. Justru yang sesuai dengan kebutuhan itulah yang terbaik.

Sebagaimana halnya setiap produk diciptakan untuk segmen tertentu. Website juga dibagi menjadi segmen-segmen yang bervariasi. Anda harus menentukan dulu jenis website seperti apa yang cocok dengan produk anda baru mencari jasa pembuat website yang ahli di bidang tersebut.

Saya tahu bahwa harga itu penting bagi anda, namun jangan melupakan faktor jangka panjangnya. Seandainya website anda berhasil dan membutuhkan update, ketahuilah bahwa anda terikat dengan si pembuat website tadi.

Related Content