2 Kriteria Penting Memilih Jasa Pembuatan Website

Bacground yang kami maksud adalah pengalaman, keahlian dan riwayat hidupseseorang. Ketika memilih web designer, perhatikan background mereka. Apakah sesuai dengan job description dan job specification anda ? Terlalu sering orang melupakan kriteria “background” ini ketika memutuskan menggunakan jasa pembuatan website perusahaan. Padahal daftar pengalaman kerja dan CV adalah hal pertama yang kita lihat ketika akan merekrut karyawan baru. Sungguh aneh tapi nyata.

2 Kriteria penting yang harus anda perhatikan ketika memilih jasa pembuatan website

DISAINER DAN PROGRAMER

Proses pembuatan website  selalu melibatkan dua divisi, yaitu disainer dan programer. Disainer akan mengerjakan layout, merancang struktur web, membuat multimedia, mengedit gambar dan hal-hal lain yang sifatnya seni. Sedangkan programer akan membuat database yang diperlukan, membuat laporan dan hal-hal lainnya yang sifatnya otomatis.

Disainer web logikanya lemah, tapi imajinasinya kuat. Demikian sebaliknya seorang programmerSeorang disainer yang baik adalah seorang yang otak kanannya kuat karena bagian otak ini berhubungan dengan imajinasi dan kreatifitas. Semakin dominan otak kanannya, semakin lemah pula otak kirinya yang berhubungan dengan logika.

Untuk bisa membuat program yang canggih, seseorang harus memiliki logika yang kuat. Atau dengan kata lain, seseorang yang otak kirinya lebih dominan.Semakin kuat bagian logikanya, semakin rendah daya imajinasinya.

Sebaliknya, semakin kuat daya kreatifitasnya,  semakin rendah kemampuan logikanya. Artinya disainer web kurang bisa membuat web yang memerlukan banyak program otomatis. Sebaliknya seorang programer web kurang bisa membuat website yang cantik.

Jadi, sebelum anda memutuskan untuk membuat website perusahaan anda, tentukan dulu kriteria terpentingnya. Jika anda lebih membutuhkan program daripada tampilan, pilihlah webmaster dengan background programer. Sebaliknya jika perusahaan anda berhubungan dengan penampilan, pilihlah webmaster dengan background disainer.

Salah memilih webmaster akan membuat kedua belah pihak frustasi. Hal ini sudah jelas karena kebutuhan anda tidak pernah terpenuhi. Anda memerlukan web yang cantik, tetapi memilih seseorang yang lemah kreatifitasnya. Mana bisa nyambung ?

 

PENGALAMAN DAN GELAR

Memiliki gelar sarjana IT memang merupakan nilai tambah karena background-nya dunia teknologi. Namun tidak berarti sarjana IT lebih pintar daripada yang tidak memiliki gelar pendidikan IT. Apakah seseorang yang bersekolah di sekolahan bergengsi lebih pintar daripada seseorang yang bersekolah di sekolah biasa ? Apakah anak dokter selalu lebih pintar daripada anak supir taxi ? Demikian pula dengan pembuat website. Tidak selalu orang yang memiliki gelar lebih hebat daripada orang yang tidak memiliki gelar. Namun bagaimanapun juga gelar pendidikan memiliki nilai lebih.

Perhatikan aspek pengalaman kerja lapangan dan gelar pendidikannyaSelain background pendidikan, kriteria lainnya adalah pengalaman kerja.

Seorang pembuat website yang pernah bekerja sebagai marketing berbeda dengan seorang webmaster yang pengalaman kerjanya hanya di bidang pembuatan website saja. 

Dia telah menguasai dua disiplin ilmu, marketing dan website. Sementara, satunya lagi hanya satu disiplin ilmu.

Ketika dua orang ini disuruh membuat website, maka baru terlihat bedanya. Orang pertama, yang memiliki pengalaman marketing, akan membuat website yang indah sekaligus menjual. Sedangkan orang kedua, websitenya indah, penuh fitur tetapi kurang menjual.

Bagaimana dengan saya ? Gelar akademis saya adalah Sarjana Ekonomi Manajemen. Karena itu dalam tulisan-tulisan saya anda akan menemukan istilah-istilah manjemen, seperti struktur, study kasus,  tingkat penjualan, konversi penjualan dan lainnya. Background pendidikan saya memaksa untuk membuat website yang menjual. Bagaimana merancang dan menata aspek-aspek yang ada untuk satu tujuan, yaitu closing !

Saya belajar menganalisa perilaku konsumen yang membeli secara online. Tahap pencarian informasi, penentuan harga dan keputusan pembelian produk. Mengapa muncul di halaman pertama Google tidak selalu berakhir dengan closing sale ? Bagaimana membuat website yang lebih bisa dipercaya dan bagaimana cara persuasi melalui sms. Pendeknya ilmu manajemen saya ikut andil dalam setiap website yang saya buat.

Demikian pula dengan ratusan pembuat website lainnya. Masing-masing memiliki keahlian spesifik. Ada yang background-nya seniman, ada yang hobinya bermain dan ada juga yang hobinya makan. ^-^’. Masing - masing webmaster memiliki kelebihannya sendiri dan mereka memiliki pasar yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya..

 

KESIMPULAN

Hanya anda yang tahu kebutuhan anda sendiri. Poin penting apa yang ingin anda sampaikan melalui website ? Kenali dulu baru cari web disainer yang sesuai. Jangan terbalik seperti kebanyakaan orang, mereka mencari web disainer dulu baru kemudian menentukan bentuk websitenya berdasarkan ide sang disainer. Itulah satu-satunya penyebab tidak selesainya website perusahaan anda, tidak adanya komitmen dari klien ! Pokok’e aku mbayar kamu dan kerjakan saja ! Jangan banyak tanya ! Cape deh !

Jika anda kesulitan untuk menentukan jenis web yang anda inginkan, ebook yang saya buat, Panduan Membuat Website, ini akan sangat membantu anda. Ada 5 langkah yang harus anda lakukan secara bertahap. Jalani satu persatu, pelan-pelan saja karena bisnis online adalah bisnis jangka panjang ! Sukses untuk anda !

Related Content