Cara SEO Website Perusahaan di 2014

Pada prinsipnya cara SEO website perusahaan dengan SEO toko online itu sama. Tetapi anda melakukan kesalahan fatal jika menerapkan cara SEO toko online ke website perusahaan karena perbedaan segmen pasar,  target dan tujuan. Siapakah konsumen anda ? retailer, end user atau reseller ?Berapa nominal transaksi penjualan anda  ? Dan apa faktor terpenting yang akan menutup penjualan anda ? Inilah yang seharusnya anda persiapkan sebelum menyewa jasa SEO website profesional.

Cara SEO web perusahaan kosmetik

 

CARA KERJA SEO

SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Dalam bahasa Indonesia berarti Optimasi Mesin Pencarian. Mengapa harus pakai SEO ? Trend, keharusan atau rayuan penjual jasa SEO ? Dan bagaimana cara kerja SEO itu ? Untuk itu kita perlu kembali ke tahun 1998, dimana tidak ada yang namanya Google.

Jaman itu, orang harus mengerti alamat website supaya bisa memanfaatkan internet. Sekalipun ada jutaan website, selama kita tidak tahu www dot kom dot kom atau nama domainnya maka kita tidak akan bisa mengakses website itu.

Memang waktu itu ada Search Engine seperti Yahoo, AOL dan AltaVista. Namun jawaban atas pertanyaan yang kita ketikkan di kotak pencarian sering tidak sesuai. Kalaupun benar, jawaban tadi sudah out of date alias tidak relevan dengan kondisi saat ini. Penyebabnya adalah keyword stuffing.

Keyword stuffing adalah cara SEO lama yang tidak relevan lagi dengan keadaan sekarang iniSearch Engine model lama menggunakan banyaknya keyword yang terdapat dalam suatu halaman website sebagai kriteria relevansi pencarian dengan hasilnya.

Dengan kata lain, sebuah website yang memiliki 100 kata “Jasa SEO” lebih relevan daripada website yang memiliki 10 kata jasa SEO. Sampai dengan batasan tertentu, semakin banyak keywordnya semakin baik.

Lebih dari batasan tersebut maka Search Engine akan memasukkan website anda ke dalam black list-nya. Berapa jumlah idealnya ? Anda harus mempertimbangkan tingkat persaingan keyword tersebut. Tidak ada jumlah yang pasti. Anda harus melakukan trial and error.

Konsep keyword density ini kemudian dikembangkan menjadi link connection. Artinya menggunakan keyword yang disertai link untuk mempromosikan suatu halaman tertentu. Contohnya halaman A ditargetkan keyword “Jasa SEO murah”, kemudian halaman B diberi link ke halaman A dengan kata Jasa SEO murah juga. Demikian pula dengan halaman C, D, E, F sampai sekuat anda membuat halaman baru yang juga disebut dengan istilah Doorway Page.

Orang yang lebih cerdas dan niat akan membuat beberapa domain baru yang di-link-kan ke website target dengan keyword yang sama juga di tiap-tiap halamannya. Beberapa menuliskan komentar di website orang lain disertai dengan link keyword ke halamannya. Cara ini disebut sebagai Blogwalking.

Jadi, semua cara di atas tadi intinya adalah keyword stuffing. Semakin banyak keyword semakin baik. Semakin banyak halaman semakin baik dan semakin banyakblog walking semakin baik pula.

Tetapi, orang sering lupa mengenai asumsi teknik SEO ini. Cara ini berhasil membuat website muncul di halaman pertama di tahun 2.000an, ketika alogaritma search engine masih sederhana. Jumlah website saat itu masih relatif sedikit dan biaya pembuatannya masih mahal. Teknologi jaringan internet pun masih baru.

Keadaan sekarang ini jauh berbeda dibandingkan tahun 2.000 lalu. Dari kecepatan 64 Kbps menjadi 100 Mbps, dari tarif internet 300 rupiah permenit menjadi 50.000 rupiah sepuasnya. Dari komputer ke smartphone, dari biaya berjuta-juta menjadi 300 ribu untuk membuat website. Dari jutaan website menjadi miliaran website.

Search engine tahu bahwa alogaritma peng-index-an mereka telah dimanipulasi sedemikian rupanya. Sistem peng-index-an mereka mudah diakali. Hasil SERP yang dulunya berkualitas dan relevan dengan keyword yang diketikkan, sekarang dipenuhi dengan website spam, website iklan dan website yang isinya generated content. Dan mereka, khususnya Google telah berkomitmen untuk merevolusi sistem peng-index-an mereka per tahun 2010.

Cara SEO website perusahaan anda harus disesuaikan dengan keadaan terbaruTahun 2010 Google merevolusi alogaritmanya dengan kode Panda yang membabat habis low quality content seperti website iklan dan auto generated content. 

Tahun 2011 menambahkan Pinguin yang menghukum link farming. Tahun 2012 menyempurnakan Panda dan Pinguin.

Tahun 2013 ada Hummingbird yang mampu mengartikan kalimat yang diketikkan di kolom pencarian dengan lebih baik dan lebih cepat.

Jadi, apakah anda akan tetap menggunakan cara SEO yang terbukti keberhasilannya di masa lalu seperti keyword density dan link building ? Dua cara SEO yang dibenci Search Engine dan diperanginya sampai titik darah penghabisan. Sekalipun metode anda berhasil untuk saat ini, namun website anda tidak aman. Cepat atau lambat Search Engine akan menemukan kejanggalan dalam website anda dan jika itu terjadi…tamatlah riwayat anda!

 

CARA SEO TERBARU, MULAI 2014

Kelemahan terbesar dari alogaritma keyword stuffing dan backlink adalah terlalu mudah untuk ditebak dan dimanipulasi. Cukup dengan membuat blog gratisan sebanyak-banyaknya dan diberi link ke website anda dan sisipkan keyword target anda ke setiap halaman yang anda buat. Maka kemungkinan muncul di halaman pertama google akan meningkat drastis.

Jika orang se-awam saja saja sudah mengetahui trik muncul di halaman pertama google maka pertanyaan saya adalah: Apakah insinyur – insinyur yang digaji tinggi google tidak mengetahui trik sederhana ini ? Blogwalking, generated content, link farming, email link dan cara-cara lainnya yang kelihatannya baru bagi anda. Sungguh bodoh sekali jika anda masih menggunakan cara yang katanya terbukti keberhasilannya (di masa lalu). Apakah anda sebodoh itu ? Saya harap tidak.

Lalu bagaimana cara SEO website yang terbukti keberhasilannya Pak ?

Untuk itu anda harus mencuci otak anda kembali, membuka pemikiran yang baru tentang SEO dan menerima apa yang kelihannya terlalu sederhana untuk sebuah teknik SEO.

SEO adalah membantu Search Engine mengerti isi website anda. Jika anda menjual Blackberry, bantulah Google untuk mengkategorikan website anda ke dalam kategori handphone dan blackberry. Sebuah website yang menjual blackberry namun ada konten lainnya yang berisi tentang tas punggung akan membingungkan Google. Ini dimasukkan ke kategori handphone atau fashion ya ?

Kesalahan fatal SEO adalah tidak fokus pada satu kategori utama

Cara ini jelas-jelas mengacaukan SEO, namun kenyataannya masih banyak orang yang melakukannya. Mereka menjual tas, namun sebagian kontennya berisi tentang informasi handphone. atau sebaliknya menjual handphone tapi kontennya tentang fashion.

Apakah anda benar-benar percaya bahwa orang yang tertarik dengan handphone akan membaca artikel tas yang anda kopas dari website lain ? Lagipula, akankah anda membeli produk dari sebuah website yang isinya kacau balau tersebut ? Kalo saya langsung klik “Back” dan kembali ke Google untuk menemukan produk yang saya butuhkan.

SEO adalah tentang relevansi. Dan cara SEO terbaik  tergantung dari cara anda mengartikan kata relevansi. Apakah relevansi adalah keyword ? Apakah relevansi berarti muncul di halaman pertama ? Bisa ya dan juga tidak karena relevansi tergantung dari benak pelanggan. Bagi sebagian orang, keyword “produk kosmetik” mungkin relevan dengan kebutuhannya, namun bagi orang lain tidak.

Jika anda sedang mencari produk kosmetik murah, Kose maupun La tulip pasti tidak relevan dengan kebutuhan anda. Jika anda sedang mencari produk kosmetik untuk di jual kembali, Pond’s maupun L’oreal juga tidak masuk dalam hitungan anda. Pendeknya, relevansi hasil pencarian sangat tergantung dari kebutuhan perorangan. Jadi, pikirkanlah tentang target pasar anda sendiri ketika hendak men-SEO-kan website perusahaan anda.

Memilih keyword yang baik harus disesuaikan dengan karakteristik produk dan target pasar anda

Orang yang mencari produk kosmetik bermerk terkenal tidak akan melirik website anda yang menjual produk kosmetik murah sekalipun web anda muncul di halaman pertama dengan keyword “produk kosmetik”. Walaupun mereka meng-klik website anda, namun tidak tertarik untuk membelinya. Lalu buat apa bangga dengan muncul di halaman pertama high paying keyword jika pada akhirnya tidak terjadi penjualan ? Bukankah tujuan anda membuat website itu untuk menjual ? Salah besar jika tujuan anda membuat website agar muncul di halaman pertama. Inilah teknik dasar SEO yang seringkali diabaikan oleh kebanyakaan orang awam.

 

CARA SEO DENGAN SEGMENTASI PRODUK

Trend SEO 2014 dan seterusnya berkutat di User Experience. Artinya, website yang memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya akan memenangkan persaingan. Pertanyaannya adalah bagaimana cara memuaskan pengguna search engine ?

Satu-satunya cara untuk memaksimalkan user experience adalah memenuhi kebutuhan mereka. Apa yang sebenarnya mereka cari dan apakah produk anda sesuai dengan kebutuhan mereka ?

Jika anda menjual produk kosmetik murah, maka fokuslah di keyword yang mewakili segmen produk anda. Jika produk anda makanan yang bersifat lokal, tambahkan kota tempat tinggal anda di keyword yang anda targetkan.

Jika anda menjual siomay di Surabaya, maka keyword “Jual siomay enak” tidak relevan bagi user yang berada di Jakarta, Denpasar maupun di Bandung. Sekalipun anda muncul di halaman pertama, namun kemungkinan terjadi transaksi relatif kecil. Hasilnya akan lain ketika anda memodifikasi keyword menjadi “Jual Siomay Enak Surabaya”.

Untuk menjual siomay di Surabaya, tambahkan keyword Surabaya

Target pasar anda jelas, ruang lingkup persaingan anda lebih kecil sehingga kemungkinan muncul di halaman pertama dari keyword tersebut lebih tinggi. Tidak muncul di halaman pertama dengan keyword “jual siomay enak” seharusnya tidak masalah karena kemungkinan terjadinya transaksi relatif kecil.

Baiklah, sekarang website anda sudah muncul di halaman pertama dengan keyword ”Jual siomay enak Surabaya”, namun kenapa tidak terjadi transaksi penjualan juga ? Untuk itu kita harus kembali ke topik segmentasi produk lagi.

Anda harus memahami bahwa tidak ada produk yang benar-benar diciptakan untuk semua orang. Setiap produk memiliki segmen pasarnya sendiri. Sekalipun siomay anda enak bagi sebagian orang, pasti ada beberapa orang yang bilang bahwa siomay anda tidak enak. Bukan salah anda maupun salah orang itu. Siomay anda tidak sesuai dengan citarasanya. Dia suka asin, sementara siomay anda manis. Orang yang lebih menyukai rasa manislah yang menjadi target pasar anda. Abaikan mereka yang mengkritik siomay anda karena terlalu manis.

SEO berhubungan dengan relevansi di benak orang, bukan pada keyword sajaInilah yang harus anda tulis di website ,definisi produk yang spesifik. Apakah yang dimaksud dengan siomay enak itu ?

Bagaimana anda menggambarkan sesuatu yang abstrak itu menjadi nyata ? Dengan gambar dan tulisan tentunya karena hanya itulah yang bisa mereka lihat di layar komputer mereka.  Kemampuan seorang web disainer menentukan keberhasilan website anda.

Jika web disainer anda tidak memiliki kemampuan imajinasi yang baik maka website buatannya akan terkesan menjijikan dibandingkan menggoda lidah pengunjung. Jika webmaster anda tidak memiliki pengetahuan yang mendalam tentang produk anda, maka mereka tidak mampu mendeskripsikan produk yang anda jual dengan baik. Jika web developer anda tidak mampu membaca perilaku konsumen maka tidak ada transaksi penjualan yang terjadi.

Anda salah jika berpikir website itu ya gitu-gitu aja. Cari yang murah ae karena anda hanya mencoba-coba saja. Saya pastikan hasilnya juga akan “coba-coba” saja karena anda tidak serius.  Saya yakin website itu menghasilkan jika anda juga yakin !

Kembali ke rasa enak tadi. Siomay seharga 2.000 rupiah terasa enak bagi segmen menengah kebawah namun tidak enak bagi segmen menengah atas. Jangan salah mengartikan bahwa siomay seharga 5.000 pasti enak bagi kedua segmen tersebut. Orang yang membuat siomay enak di kategori harga 2.000 rupiah selalu membandingkan produknya di kisaran harga yang setara. Jika rasa siomay seharga 2.000 dibandingkan dengan rasa siomay seharga 5.000 maka jelas-jelas salah salah segmentasi. Di dunia nyata, membandingkan produk beda segmen jelas-jelas tidak relevan dan merupakan tindakan tidak logis.

Poin yang ingin saya sampaikan di sini adalah kejelasan informasi menentukan keberhasilan website perusahaan anda. Keyword “siomay enak murah” dengan keyword “siomay enak” memiliki segmen pasar yang berbeda walaupun hanya berbeda satu kata saja.

Berapa kisaran harga yang disebut murah itu ? Apakah 2.000 itu murah dan 10.000 itu mahal ? Sangat tergantung dari kemampuan perorangan dan manfaat produk yang anda jual. Bagi saya, 2.000 itu terlalu murah, namun bagi beberapa orang 2.000 itu mahal. Sebaliknya, bagi beberapa orang 10.000 itu murah namun termasuk mahal bagi saya.

Lakukan analisa website sebelum mencari jasa SEOMaksud saya adalah segmentasi produk itu bersifat eksklusif. Anda harus dengan tegas berkata tidak kepada konsumen di luar segmen pasar anda. 

Anda harus mengabaikan keyword yang tidak mewakili produk anda sekalipun traffic-nya tinggi. Apakah ini berarti melewatkan peluang maupun kesempatan yang besar dari bisnis internet ? Tidak ! Karena dunia online bukan dunia nyata yang anda kenal.

Peluang usaha di internet amat sangat besar, apalagi jika produk anda adalah produk ciptaan sendiri. Ada ribuan kebutuhan yang yang bisa anda penuhi dengan produk anda dan juga ada jutaaan kebutuhan yang tidak sanggup anda penuhi. Berpikirlah pasar lokal, pasar nasional dan pasar internasional. Selalu ada orang yang membutuhkan produk yang anda jual, entah orang itu berada di kota tempat tinggal anda, berada di pulau yang sama dengan anda atau bahkan berada di belahan dunia yang berbeda dari anda.

Ketika orang tahu bahwa produk anda dapat memenuhi kebutuhan mereka, maka keinginan membeli itu ada. Orang akan berusaha menghubungi anda tanpa perlu dirayu ataupun dipaksa karena produk andalah yang dicarinya. Kira-kira ada berapa orang yang seperti ini ? 1 orang, 10 orang, 100 orang atau bahkan 10.000 orang ? Berapa orang yang sanggup anda layani ?

Jika di setiap satu kota di Indonesia ada 100 orang yang membutuhkan produk anda. Maka kalikan dengan 414. Hasilnya adalah 41.400 orang yang harus anda layani. Apakah 41.400 adalah jumlah yang terlalu dibesar-besarkan ? Malahan terlalu kecil jika kita bandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia 250.000.000 jiwa. Atau anggaplah saya terlalu optimis, kurangi setengahnya sehingga menjadi 20.800 orang saja !

Ada 20.800 orang di Indonesia ini yang membutuhkan produk anda. Apakah anda merasa kekurangan peluang dan melewatkan kesempatan karena tidak melakukan SEO dengan keyword yang banyak dicari ? Justru sebaliknya, anda malah mengabaikan pasar potensial yang peluang transaksi penjualannya tinggi.

 

KESIMPULAN
Website bukan coba-coba. Website bisa dianalisa karena mempunyai data. Cara anda memanfaatkan data inilah yang akan menentukan keberhasilan website anda. Data-data yang anda perlukan tersedia gratis di penyedia hosting anda dan bisa diakses kapanpun anda mau.

Langkah berikutnya adalah mencari webmaster yang mengerti cara memanfaatkan data ini dan menerjemahkannya ke dalam tindakan. Dari data dibuatlah strategi, itulah cara SEO website yang benar.

Hubungi saya jika anda serius untuk memaksimalkan pendapatan dari web perusahaan anda. Jangan hubungi saya jika anda hanya ingin sekedar membuat website karena itu bukan target pasar saya. Segmen pasar saya adalah orang yang mau membuat website yang menghasilkan. Sukses untuk anda !

Related Content