Cara Sukses Jualan Online

Cara jualan online itu mudah, hanya perlu koneksi internet dan smartphone. Anda sudah hidup di jaman yang modern dan murah, tidak seperti saya yang pernah mengalami biaya internet mahal dan komputer pentium 1. Dengan sebuah tablet cina yang memiliki kamera, anda sudah bisa mulai berjualan online di facebook, tokobagus atau kaskus. Jika anda cukup nekat, bisa memulai jualan online tanpa modal. Nah, kali ini saya akan menuliskan tips dan cara jualan online agar laris manis !  

Cara jualan online agar cepat laku

 

BARANG YANG BISA DIJUAL ONLINE

Hampir semua barang bisa dijual secara online. Mulai dari yang murah hingga yang mahal, dari yang beratnya 10 gram hingga yang beratnya 1 Ton. Yang perlu anda lakukan hanyalah menjelaskan produk anda sedetail mungkin. Semakin mahal harus semakin jelas spesifikasinya karena pembelinya semakin cerdas.

Apakah jualan beras di internet bisa pak ? Bisa, tetapi perputarannya lambat karena produk ini bisa di beli dengan mudah. Beli beras online tidak efisien karena anda bisa keluar rumah, berjalan sebentar ke toko kelontong di dekat anda, bayar dan terpenuhilah kebutuhan anda. Proses membeli barang di internet lebih rumit, anda searching dulu dengan google, klik dan lihat lokasi penjualnya. Isi formulir pembelian, isi nama dan alamat pengiriman, transfer lewat internet banking. Penjual memverifikasi pembayaran anda, mengemas beras anda dan mengirimnya. Bisa 1 jam atau mungkin 3 hari baru sampai di rumah anda !

Namun beda jika anda menjual beras secara grosir.  Masih ada kemungkinan terjadinya penjualan online. Anggap saja anda salah satu distributor beras Raja Lele di Surabaya. Harga anda relatif murah dibandingkan toko kelontong, stok anda beton-ton beras dan target pasar anda agen dan toko kelontong. Pembeli anda mau melakukan proses pembelian online yang cukup merepotkan tadi karena sepadan dengan nilai transaksi dan keuntungannya.

Cara jual makanan dan minuman susu kedelai online shopSaya punya produk susu kedelai buatan sendiri pak ? Bisakah dijual dengan online shop ? Bisa, tetapi tidak akan secepat jual di depan rumah.

Tetapi jika karena satu dua alasan anda hanya bisa menjual melalui online, misalnya anda ingin memulai menjadi pengusaha sambil bekerja ikut orang, maka juallah susu kedelai premium. Susu kedelai kualitas terbaik untuk segment pasar khusus seperti ibu hamil.

Kaos dan baju adalah produk yang paling mudah dijual di online shop. Modelnya banyak, harganya murah; barangnya ringan dan materinya tinggal di kopi-paste. Pembelinya juga banyak demikian pula dengan persaingannya. Namun tetap saja kategori ini tetap diminati oleh pemula. Tapi saya tidak akan masuk di pasar baju online ini karena bukan hobi saya.

Inilah syarat utama agar anda bisa sukses berjualan online. Jual-lah barang yang sesuai dengan minat dan keahlian anda.

Jangan pernah menjual produk yang tidak anda sukai sekalipun pasarnya besar karena anda akan kalah dengan mereka yang mencintai produk tersebut. Penghobi adalah jenis orang yang bahagia sekalipun mereka hanya mendapat untung sedikit  dari barang yang dijualnya. Sementara anda memperhitungkan biaya dan keuntungan sebagai barometer bisnis anda. Jika sudah tidak menguntungkan lagi, buat apa berjualan ? Jadi, cepat atau lambat anda akan dipaksa keluar dari persaingan.

Apakah pangsa pasar produk anda termasuk kecil sehingga anda memutuskan untuk mencoba menjual produk lainnya ? Boleh jadi iya, tetapi pada umumnya, pangsa pasar yang kecil lebih memberikan margin yang tinggi. Contohnya adalah iPhone dan Ponsel Cina.

Pangsa pasar Hape Cina luas sekali, mulai dari segmen low end hingga middle end.Sementara konsumen iPhone hanya kalangan menengah atas saja. Keuntungan jualan ponsel cina rata-rata 5% saja. Tiap penjualan satu juta rupiah, kira-kira anda mendapatkan keuntungan 50 ribu rupiah. Sedangkan margin laba iPhone sekitar 20%.

Segmen pasar yang kecil juga berarti tingkat persaingan yang kecil pula karena kebanyakan orang lebih menyukai perputaran yang cepat daripada margin yang tinggi. Kenapa bisa begitu pak ? Karena pada dasarnya orang tidak benar-benar mengerti kelebihan dirinya sendiri dan malas berpikir kreatif. Lebih gampang meniru orang lain yang sukses lebih dulu. Padahal mereka tidak mengerti perjuangan awalnya, lebih menekankan pada kesuksesannya sekarang ini. Padahal pekerjaan yang menghasilkan orang lain belum tentu juga berhasil jika kita yang mengerjakannya.

Tips sukses berjualan di online shop

Tiap orang memiliki keunikannya sendiri, target pasarnya sendiri. Demikian pula dengan sebuah produk. Tidak ada produk untuk semua orang. Setiap barang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan segmen pasar tertentu. Saya akan ambil contoh susu formula bayi karena saya baru saja punya anak kecil.

Di pasar ada merk Enfamil, S-26, BMT, Nutrilon, Bebelac, SGM dan puluhan merk lainnya. Yang milih bingung, yang jual ketika ditanyai tambah membingungkan ! Susu mana yang paling baik mbak ?

“Bapak cari yang merk apa ?” tanyanya kembali. Nggak tau mbak, pokok’e yang paling baik buat anak saya.

“Waduh, mau yang harga berapa pak ? Kita ada yang 30.000 sampe 120.000. Bapak milih sendiri saja. ” Balas si mbak penjual susu. Dieeeng !

Bahkan susu formula bayi pun dibuat untuk berbagai segmen pasarAkhirnya saya ambil saja merk Enfamil yang harganya 110.000 rupiah untuk kemasan 400gr. Sebulan kemudian saya merasakan susu Enfamil terlalu mahal buat kocek saya. Saya mencari alternatif susu lainnya. Anak saya sih sudah cocok dengan susu itu, tapi bapaknya gak cocok ^-^’. Proses hunting susu dimulailah.

Pertama-tama saya bandingkan komposisi tiap susu karena kandungannyalah yang paling penting. Merk nomer dua deh.

Saya bandingan komposisi S-26 dengan Enfamil, BMT Morinaga dengan Enfamil.  Kandungan vitamin dan mineralnya hampir sama, hanya beda 1-2 gram saja. Saya pilih BMT Morinaga karena memiliki AHA dan DHA, sementara di S-26 tidak ada. Harganya lebih murah daripada Enfamil, yaitu 75.000 rupiah untuk kemasan 400gr.

Kenapa kok gak beli SGM saja pak ? Kan lebih murah ? Ya itu dia, istri saya gak setuju. Padahal kandungan vitamin dan mineralnya juga hampir sama dengan Enfamil. SGM harganya sekitar 35 ribu rupiah, jauh lebih murah dibandingkan BMT yang harganya 75 ribu rupiah, amat sangat murah jika dibandingkan dengan Enfamil yang  harganya 115.000 rupiah, bisa dapat 3 kotak !

SEO untuk online shop yang benar adalah menyesuaikan keyword dengan target pasarKami memiliki kemampuan membeli Susu formula bayi merk SGM tetapi tidak memiliki minat untuk membawanya pulang. Sekalipun dikasih promo beli 1 gratis 1 pun kami tidak akan membelinya.

Alasannya sederhana, bukan segmen kami. Sama halnya kalo disuruh beli Enfamil, kecuali kalo harganya sama dengan BMT. Itulah prinsip berdagangan yang sering dilupakan orang.

Pemahaman segmen pasar untuk produk ini penting jika anda peduli dengan kesuksesan bisnis online karena segmentasi di internet lebih luas daripada di dunia offline. Lebih parah lagi, perbedaan antara closing dengan meleset hanya 1 klik saja.

Pasar dan peluang usahanya besar, namun medianya terbatas, hanya melalui text dan gambar saja. Tidak ada tatap muka, empati ataupun peruasi kata-kata. Jika anda tidak memiliki kemampuan mendeskripsikan keunggulan produk melalui tulisan, maka tingkat keberhasilan anda di dunia online kecil sekali.

Tetapi jangan kuatir karena tekniknya bisa dipelajari. Setelah beberapa kali trial and error anda pasti bisa berjualan online di internet. Saya akan menunjukkan caranya !

 

CARA MENULIS KONTEN YANG BAIK

Slogan di internet adalah Content is King. Tulisan anda adalah rajanya, pusat dari segala sesuatunya. Sebuah gambar bergerak atau animasi tidak akan mempengaruhi penjualan jika tidak menegaskan konten. Disain website yang rame cenderung mengacaukan fokus daripada mendorong pembeli untuk closing. Yang penting bagi sebuah transaksi adalah penjelasan anda mengenai produk yang anda jual !

Tips berjualan sukses dimulai dari menuliskan keterangan produk yang jelas dan menarik

Bagaimana barang tersebut bisa memenuhi kebutuhan anda. Apa manfaat utama produk tersebut dan bagaimana cara pakainya. Pak, kalo saya jualan Handphone kan semua orang tahu caranya. Apakah saya tetap perlu menjelaskan cara menggunakannya ? Terserah anda, mau jualannya laris manis atau tidak ?  Tapi apakah usaha saya menuliskan cara pengunaannya ini tidak sia-sia ?

Pertama, ingatlah bahwa content is king. Search Engine seperti Google melihat konten sebagai salah satu faktor yang menentukan posisi di halaman pencarian. Konten yang jelas lebih baik daripada konten yang pendek. Implikasinya peluang anda muncul di halaman pertama lebih besar daripada pesaing anda. Mau nggak ?

Kedua, Time On Site. Lama tidaknya pengunjung berada di website anda juga menentukan peringkat di pencarian. Karena itulah situs seperti Tokobagus memiliki rangking tinggi di Google, orang menghabiskan waktu bermenit-menit di tokobagus untuk mencari barang yang dibutuhkannya. Konten yang jelas serta menarik akan “memaksa” orang untuk menyisihkan sedikit waktunya sebelum keluar dari website anda.

Ketiga, anda membangun persepsi yang baik di mata pengunjung. Kejelasan informasi produk yang anda tulis memberi kesan keseriusan anda dalam jualan online. Ini akan meningkatkan kepercayaan pembeli dalam bertransaksi. Selain itu, pembelia akan merasa bahwa anda menguasai produk yang anda jual. Kelihatannya orang ini pinter….demikian pikir si pembeli.

Panduan menuliskan konten produk online shop yang baik

Untuk bisa menuliskan konten yang berkualitas, mulailah dengan menanyakan kepada diri anda sendiri:

  1.  Apakah produk ini benar-benar bermanfaat ? Apa manfaat utamanya ?
  2.  Apakah harga 50.000 itu realistis ? Apakah sepadan dengan harganya ?
  3.  Apakah yang membedakan barang yang saya jual ini dengan barang lainnya ?

Mari kita ambil contoh salah satu barang yang saya jual di online shop saya, Toko28.com. Sebuah alat pemotong kartu perdana. Dari standar SIM card menjadi Micro SIM.

Toko Online yang menjual pemotong kartu sim cardMicro Sim Cutter ini bentuknya sederhana, mirip dengan jepretan kertas atau staples. Warnanya ada dua, hitam dan silver. Cara pemakaiannya mudah, tinggal dimasukan kartunya lalu di tekan.Tapi saya menuliskan deskripsinya lebih jauh lagi.

Saya membandingkan harga beli kartu perdana baru dengan harga paket internet dari operator. Tidak semua orang tahu bahwa kartu perdana internet itu jauh lebih murah daripada beli paket perpanjangan internet. Bisa lebih dari 50% bedanya. Tapi ya sedikit repot, tiap kali mesti beli kartu perdana baru dan motong kartunya.

Harga pemotong kartu perdana Rp 55.000 termasuk murah jika anda bandingkan dengan mengisi ulang paket internet anda. Kalo pake Tri, perpanjang paket 2Gb harganya 50rb. Kalo beli perdana internet 2Gb harganya hanya Rp 25.000. Itu artinya anda sudah melakukan penghematan sebesar 25 ribu perbulan. Assik nggak ? Kalau selama 2 bulan anda terus membeli perdana baru, maka anda sudah mendapatkan pemotong sim card ini secara gratis !

Contoh konten website yang baik dan seo friendly

Itulah sebuah konten yang berkualitas. Informasi yang singkat, jelas, padat dan memberikan manfaat bagi orang yang membacanya. Ngirit rek…demikian pikirnya. Beli barang ini gak rugi, malah menguntungkan ! Terima kasih Toko28.com….huaaa…ha….ha…ha…

Sekarang, bagaimana konten yang saya tulis ini di mata google .co.id ?

portofolio seo jasa pembuatan website surabaya

Tips SEO membuat website perusahaan surabaya

 

JUALAN DI WEB SENDIRI ATAU WEBSITE GRATISAN ?

Jualan dengan website sendiri ada keuntungan dan kerugiannya, sama halnya dengan berjualan melalui website gratisan. Yang menjadi patokannya adalah jenis produk yang anda jual dan tujuan anda berjualan.

Website itu banyak macamnya. Ada yang dinamakan forum, contohnya Kaskus.co.id. Jenis website ini bertujuan untuk berbagi informasi dan menjalin relasi. Penggunanya tersebar di seluruh Indonesia. Mereka sering memposting artikel-artikel lucu atau sekedar berbagi pengalaman sehari-hari. Intinya, forum adalah tempat berkumpulnya orang yang memiliki kesamaan pikiran dan sifatnya non-profit.

Macam-macam website gratisan yang bisa dipakai untuk berjualan online

Sistemnya adalah jumlah posting akan menentukan pangkat dan tingkat kepercayaannya. Semakin banyak mem-posting maka peringkatnya semakin tinggi, juga semakin mudah menjual barang dagangannya. Orang yang sudah memposting 1.000 kali lebih dipercaya daripada orang yang baru memposting 100 kali.

Website jenis forum didisain untuk berinteraksi seperti tanya jawab. Tampilannya kurang tepat untuk jual-beli barang, tapi tetap bisa digunakan untuk berjualan online. Hanya saja caranya berbeda dengan cara jualan di portal jual beli seperti tokobagus.com. Anda harus membangun reputasi lebih dulu sebelum dapat menjual barang di sini. Tidak ada jalan pintas untuk proyek jangka panjang.

Produk apa saja yang bisa dijual di forum jual beli seperti kaskus ini ? Semuanya bisa dijual tetapi tidak semuanya memberikan hasil maksimal. Jenis barang yang paling baik dijual di sini adalah yang bersifat hobby, produk buatan sendiri dan jasa.

Mengapa harus ketiga jenis barang tersebut ? Karena pasar dari forum sendiri adalah komunitas. Mereka tersegmen secara otomatis berdasarkan minatnya. Komunitas adalah mangan ora mangan pokok’e kumpul. Beli atau tidak beli yang penting bersama – sama. Sebelum menjual, anda harus mengikuti komunitas mereka. Ketika nyantol, penjualan akan mengalir. Komunitas memiliki model pemasaran dari mulut ke mulut. Jika mulut mereka mengiklankan produk anda, maka bersiaplah menerima banjir order !

Cara menjual di kaskusAlasan kedua berjualan di kaskus adalah untuk tujuan jangka panjang. Atau dengan kata lain, tidak akan terjadi penjualan jangka pendek. Komunitas tidak gampang dimasuki, tetapi ketika sudah nyantol akan ada repeat order. Sekarang bagaimana caranya memasuki pasar komunitas ini ?

Pemilik Lapak Unicorn Toys ini tuna rungu. Silahkan baca perjuangannya berjualan online di blog pribadi saya.

Gampang, berikan manfaat dan tawarkan solusi atas permasalahan mereka melalui produk anda. Jangan bernafsu menjual, tapi arahkan nafsu anda untuk berinteraksi. Sampai kapan ? Sampai selama-lamanya karena anda menyukai produk yang anda jual ! Inilah satu-satunya alasan mengapa banyak orang gagal jualan barang di kaskus. Kaskus bukan ajang jual beli, kaskus adalah komunitas ! Penipu tidak akan betah di sini karena tujuan penipu itu jangka pendek. Hit and Run !

Nah, jika jenis barang yang anda jual tidak memenuhi kriteria di atas, maka anda harus berjualan di portal jual beli seperti tokobagus.com.

Semua barang bisa dijual di situs jual beli ini, mulai dari baju hingga celana dalam. Siapapun bisa berjualan di sini, mulai dari ibu rumah tangga, agen, orang iseng hingga penipu. Tidak ada aturan dan batasan tentang pembeli ataupun penjual. Yang ada hanyalah peraturan dari pemilik portal yang bisa berubah sewaktu-waktu tanpa meminta persetujuan kita.

Cara berjualan di TokobagusMenjual di situs jual beli terkenal seperti tokobagus ini menguntungkan dalam jangka pendek. Penjualannya lebih cepat daripada jualan di kaskus. Tapi jangan lupa bahwa pesaing anda juga banyak. Apa yang laris anda jual, dalam waktu dekat akan muncul seller lain dengan harga yang lebih murah. Anda tidak bisa melarang mereka, sama halnya anda bisa menjual produk pesaing anda dengan harga miring. Lama-lama anda akan cape sendiri.

Ditambah lagi, anda harus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada tujuannya. Mereka bertanya, anda menjawab ! Tetapi tidak terjadi transaksi karena tingkat kepercayaan pembeli rendah. Tidak ada yang menunjukkan bahwa anda adalah penjual serius di tokobagus ini. Sedangkan di kaskus, keseriusan anda terlihat jelas melalui jumlah postingan anda.

Jadi, apakah jualan di tokobagus itu menguntungkan ? Ya jika memang tujuannya jangka pendek. Penjualannya cepat. Lalu apa kerugiannya jualan di tokobagus ?

Untung atau rugi itu bersifat relatif. Apa yang rugi buat saya belum tentu rugi bagi anda. Tinggal bagaimana anda menyikapi resiko dari keputusan yang anda ambil. Jika anda siap dengan segala untung rugi jualan di tokobagus maka berjualanlah dengan setia. Tetapi jika anda mau bekerja menggunakan otak daripada otot maka pasti ada cara jualan lain yang lebih menguntungkan. Jika saja anda mau berpikir kreatif !

Jenis jasa pembuatan website

Membuat website online shop sendiri lebih mahal dari sisi uang, namun lebih murah dilihat dari energi yang anda keluarkan. Anda tidak perlu merefresh ulang lapak anda di situs jual beli, anda tidak perlu setiap hari posting di forum kaskus dan anda memiliki kontrol penuh terhadap peraturan yang anda buat sendiri.

Ketika Tokobagus “merevisi” peraturannya, bahwa 1 user hanya bisa menjual maksimal 25 produk saja maka itu artinya kiamat bagi sebagian besar user aktif tokobagus. Usaha mereka berbulan-bulan, mungkin ada yang tahunan, lenyap begitu saja. Bayangkan, hanya boleh 25 barang saja ! Bagaimana jika nantinya tokobagus menarik biaya untuk setiap barang yang di-iklankan di situs jual beli mereka ?

Ketika Facebook mengetatkan peraturan mereka mengenai cara menambahkan teman, hanya boleh 3 teman sehari maka itulah kiamat bagi mereka yang sudah bertahun-tahun jualan di facebook.

Bagaimana jika nantinya popularitas facebook memudar dan digantikan dengan sosial media lainnya seperti Google Plus ? Bukankah usaha anda hancur dalam semalaman ?  Iya kalo masih bisa dibackup ! Kalau tidak gimana ? Anda tidak bisa protes ke mereka karena anda sudah menyetujui TOS (Term Of Servis) mereka ketika mendaftar. Setiap materi yang diupload di website mereka akan menjadi milik mereka sepenuhnya. Sekalipun anda berusaha keras untuk memprotes, tindakan anda pasti sia-sia karena anda dianggap sudah tahu dan menyetujui TOS.

Itulah yang saya maksud dengan kontrol penuh. Masa depan anda tidak pasti, tergantung dari kemurahan si penyedia situs. Selama udel-nya di tengah anda akan aman-aman saja. Ketika udel-nya pindah, bersiap-siaplah !

Jika anda melanggar peraturan tokobagus, maka account anda akan di hapus.Kabar baiknya, anda sebenarnya memiliki pilihan. Yaitu membuat website sendiri. Jika penjualan anda melalui website gratisan sudah jalan, pertimbangkanlah untuk mulai membuat website sendiri. 

Arahkan pembeli ke website milik anda ketika mereka menanyakan “barang apa lagi yang agan jual ?” Dengan cara ini anda memaksimalkan hasil jangka pendek dan menyiapkan untuk hasil jangka panjang.

Jangan tunggu sampai website gratisan itu merubah peraturannya baru membuat website sendiri. Pelanggan anda keburu hilang dan harus mulai dari nol lagi. Tidak ada yang abadi di dunia ini selain perubahan itu sendiri. Saya tidak tahu kapan kabar buruk ini menimpa kita semua, tapi saya bisa menebak bahwa perubahan itu pasti terjadi. Hanya saja apakah kabar baiknya atau kabar buruknya yang terjadi duluan.

Sebenarnya, membuat website online shop sendiri itu murah, hanya sekitar 500 ribu rupiah di vKios.com. Mengapa anda tidak segera memulainya ? Apakah harus saya paksa-paksa atau dipaksa oleh perubahan peraturan baru anda sadar ? Yah, itulah kecenderungan manusia yang suka memepetkan dirinya. Nek gak kepepet gak maju-maju. Tapi nek sudah kepepet, semuanya ditabrak. Apa yang seharusnya bisa dipersiapkan dengan baik malah ngawur-awuran. Saya harap anda tidak seperti ini !

Jadi, apakah saya menerima jasa pembuatan online shop ? Tidak, saya tidak menerima jenis website ini. Tapi saya punya kenalan yang membuat website toko online ini, namanya Mas Denny, anda bisa membaca wawancara saya bersama pendiri vKios Surabaya ini. Buat di sana aja, murah, aman dan servisnya bagus.

Lalu jasa pembuatan website apa yang anda terima Pak ? Segmen saya perusahaan kecil menengah yang memiliki produk sendiri. Contohnya importir peralatan kolam renang di Bali, PoolnJacuzzi.com ini. Atau distributor CCTV merk Avtech di Surabaya, AvtechSurabaya.com.

Portofolio Jasa Pembuatan Website Perusahaan terbaik Surabaya

Saya cukup selektif dalam memilih klien karena sumber daya saya terbatas dan saya membuat website untuk kesenangan saya. Pekerjaan membuat website itu gampang-gampang susah. Gampang kalo asal tempel sana tempel sini. Susah kalo mau membuat website yang menghasilkan penjualan. Tapi itulah segmen pasar yang saya pilih, klien yang peduli hasil, bukan pokok’e jadi website !

 

KESIMPULAN
Kuasailah produk anda sebelum memutuskan menjual secara online. Apakah barang anda lebih cocok dijual di forum atau situs jual beli ? Apakah tujuan anda jangka pendek atau jangka panjang ? Apakah perbedaan utama produk anda dibandingkan produk lainnya ?

Jika ternyata produk anda lebih cocok dijual di forum, yakinlah dengan tindakan anda sendiri. Bersiaplah untuk mengurangi untung jangka pendek demi keuntungan jangka panjang. Jalinlah relasi dengan sebanyak mungkin anggota komunitas. Bantulah bukan menjual barang anda.

Jika ternyata barang anda lebih cocok dijual di situs jual beli, deskripsikan produk anda sedetail mungkin. Bersabarlah terhadap pembeli palsu dan pertanyaan yang aneh-aneh. Ada baiknya anda membaca tulisan saya tentang cara berjualan di website gratisan ini.

Jika ternyata anda orang yang cerdas, mau mendapatkan keuntungan jangka pendek sambil mempersiapkan masa depan, maka hubungilah saya untuk membuat website perusahaan anda sendiri !

Related Content