Hubungan Struktur Website dengan SEO

Banyak orang mencari cara SEO terbaik di Google, berharap menemukan rahasia SEO yang akan melejitkan traffic dan penjualan produknya, menerapkan tips-tips SEO yang mereka temukan di blogspot maupun wordpress gratisan dan kecewa dengan hasilnya karena tidak sesuai dengan yang diharapkan. Mereka tenggelam dalam kebingungan tentang backlink, meta tag, alexa, PR dan segala tetek bengek lainnya namun melupakan tentang struktur website mereka sendiri. Ironis sekali melihat orang mengandalkan faktor eksternal yang tidak dapat dikontrol dan melupakan faktor SEO internal yang dapat mereka kendalikan. Jadi apa yang harus kita lakukan ?

Hubungan antara strukur website dengan SEO

 

ATURAN DASAR SEO

Search Engine Optimization atau SEO adalah suatu teknik dan seni untuk membuat setiap halaman website kita dikenali oleh mesin pencari dan dimasukkan ke database mereka sesuai dengan sistem peng-index-an mereka. Ada tiga poin yang harus anda camkan baik-baik:

  1. Teknik
  2. Seni
  3. Database Search Engine

 

SEO adalah teknik karena membutuhkan perhitungan, pengamatan dan analisa data seperti tingkat persaingan keyword, jumlah pencarian dan lainnya. Banyak sekali orang yang menulis tentang teknik SEO ini. Dan artikel saya kali ini memfokuskan pada faktor struktur website yang masuk kategori teknik. SEO juga seni karena teknik yang sama pada kasus yang berbeda akan memberikan hasil yang berbeda pula.  Tips SEO dari Master SEO A berhasil di terapkan di website A tetapi gagal total pada website B atau C. Kenapa ? Ya itulah yang disebut dengan seni, beda ramuan sedikit saja rasanya bisa berbeda jauh. Beda orang, sekalipun sama-sama satu perusahaan, akan berbeda pula hasilnya. SEO adalah personal skill, tidak ada standar yang ampuh untuk semua permasalahan.

Aturan dasar SEO adalah memaksimalkan ON Site SEO sebelum melangkah ke OFF Site SEOParahnya, banyak sekali Jasa SEO profesional yang hantam rata setiap kasus. Idealnya, setiap halaman pada website anda memiliki keyword sendiri. Halaman A untuk keyword A, halaman B untuk keyword B dan halaman C untuk keyword C. Tapi demi keberhasilan SEO-nya, mereka memaksa semua halaman website anda ke golden keyword yang anda minta. Jadinya halaman A,B,C menggunakan keyword A semua. Apakah cara ini bisa berhasil ? Bisa sekali, tapi ketika pasar berubah, maka Goodbye my friend !

Beberapa jasa SEO murahan menggunakan “keyword panas” untuk mendatangkan traffic tidak potensial ke website klien mereka. Tiba-tiba saja traffic website anda melonjak (demikian pula dengan bounce rate-nya) dan mata anda menghijau melihat keuntungan yang di depan mata. Tetapi setelah beberapa bulan tidak ada yang beli. Mengapa ?

Karena anda melupakan poin ketiga dari dasar SEO, yaitu database Search Engine. Website perusahaan anda masuk di kategori yang salah. Anda jualan pompa air, tetapi munculnya di gosip artis. Anda jualan tas, tetapi munculnya di tips kecantikan. Mana ada yang tertarik dengan produk anda karena bukan itu yang mereka harapkan. Jika salah kategori ini tidak sengaja tidak apa-apa, tetapi jika merupakan kesengajaan maka apa tujuannya ? Apakah anda berpikir “siapa tahu ada yang kecantol ?”

Saya kasih tau ya mas bro, bahkan website dengan kategori yang benar, disain yang meyakinkan, keyword yang tepat dan Call to Action yang sempurna pun tidak semerta-merta menghasilkan penjualan. Apalagi anda – anda yang segmen pasarnya salah ? Coba pikirkan sekali lagi, apa gunanya traffic tinggi jika tidak menghasilkan penjualan ?

Kabar baiknya, SEO itu sebenarnya mudah. Tanamkan di kepala anda dalam-dalam bahwa SEO adalah suatu usaha untuk membuat web kita ditemukan oleh orang yang tepat. Demi tercapainya tujuan itu, bantulahSearch Engine mengenali topik dan konten website perusahaan anda dengan merancang struktur website yang baik dan benar.

 

STRUKTUR WEBSITE YANG BAIK

Setelah Update Google Panda dan Google Pinguin, aturan SEO sedikit diketatkan. Sebenarnya aturan SEO dari dulu, sekarang dan kedepannya tetap sama, yaitu menampilkan hasil pencarian yang relevan. Jika orang mencari tentang pompa air, yang keluar di SERP segala sesuatu tentang pompa air. Jika orang mencari informasi tentang Kamera CCTV, maka hasilnya ya tentang kamera CCTV ini.

Sebuah website peralatan kolam renang seharusnya berisi tentang pompa kolam renang, filter kolam renang, lampu kolam renang, return inlet, sunction head, sikat lumut dan kaporit. Apakah yang akan terjadi jika anda menambahkan konten baru yang berisi tentang sprei, selimut dan bedcover ?

Kategorikan produk anda menjadi beberapa kategori, jangan lebih dari 5 kategoriSebelum Panda dan Pinguin, aneka ragam produk dalam satu website ini tidak memiliki efek samping terhadap SERP. Artinya website anda bisa muncul di halaman pertama untuk kategori sprei maupun kategori pompa air karena Google tidak melihat secara keseluruhan atau tema utama website anda. Karena itulah banyak muncul EMD atau Exact Match Domain yang ujung-ujungnya nyepam. PompaKolamRenang.com, SpreiBedcover.com, KameraCCTV.Com dan generik dot kom dot kom lainnya.

MembuatWebs.com juga salah satu contoh yang mengikuti tren sebelum updatePanda – Pinguin….^-^’

Nah, setelah update alogaritma ini,  konten mempengaruhi SERP.  Sebuah website yang isinya tentang peralatan kolam renang saja akan memiliki peluang lebih tinggi daripada website lainnya yang berisi tentang kolam renang dan sprei. Website yang menjual peralatan kolam renang, sprei, komputer dan blackberry akan kalah dengan website yang hanya menjual peralatan kolam renang dan sprei saja.

Ketika Google mengkategorikan website anda di bagian sprei, padahal anda menjual sprei dan pompa kolam renang, maka secara otomatis kategori kolam renang anda akan terdown-grade sedangkan kategori sprei anda akan semakin sering dimunculkan di SERP. Intinya, sebuah website yang spesifik lebih kuat daripada website yang general. Nah, bagaimana kalau saya berkonsentrasi di dua bidang itu, apakah saya bisa muncul di halaman pertama untuk kedua kategori tadi pak ?

Navigasi website mempengaruhi SEO secara tidak langsungBisa, pasti bisa ! Di mana ada kemauan di situ ada jalan ! Tetapi jangan lupakan tingkat persaingannya dong ! Ketahuilah bahwa ada banyak orang yang fokus di salah satu bidang yang anda geluti. Ada ratusan orang yang hanya menjual sprei saja, ada ribuan orang yang hanya menjual peralatan kolam renang seperti anda. Bisakah anda menang melawan orang-orang yang fokus ini ? Percayalah, mereka lawan yang tangguh ! Lagipula, berapa persen orang yang mau membeli sprei dan pompa kolam renang sekaligus ?

Bisnis internet tidak ada aji mumpung atau istilah bek-bek’e. Semua bisnis itu direncanakan dan dihitung . Gak ada bisnis yang asal-asalan bisa berhasil. Bisnis asal-asalan ya hasilnya asal-asalan. Nek gak percaya ya cobaen sendiri, toh yang untung maupun rugi ya anda sendiri. Saya hanya membagikan pengalaman dan kesalahan saya agar anda tidak terjatuh dalam lubang yang pernah saya jatuhi.

 

PANDUAN SEO MENGGUNAKAN STRUKTUR WEBSITE

URL dan Title tag adalah faktor penting yang digunakan google untuk mengindex website anda. Karena itulah struktur website penting bagi SEO. Struktur website itu berarti menempatkan keyword di URL anda. Mari kita lihat struktur web KaryaBersamaPlastik.

Cara memilih keyword untuk struktur website

Mengapa saya menggunakan tas sprei, tas promosi dan kemasan plastiksebagai kategori keyword website Karya Bersama Plastik ? Karena ketiga kata kunci tersebut memiliki jumlah pencarian yang cukup tinggi di indonesia. Tujuan utamanya adalah menempatkan keyword utama di url secara alami dan membantu Search Engine mengkategorikan website kita.

Darimana saya tahu keyword tadi memiliki jumlah pencarian yang tinggi ? Dari Google trends, webmaster tool gratis dari Google ini sangat powerfull untuk mencari keyword potensial yang akan membantu SEO web kita. Cara penggunaannya mudah, ketikkan keyword yang akan anda analisa, tentukan lokasi dan periode waktunya. Saya biasanya menentukan Indonesia sebagai default lokasi saya dan periode 6 dan 12 bulan. Periode yang terlalu lama dari rentang waktu itu kurang bisa dijadikan patokan karena faktor perubahan budaya dan teknologi. Sebaliknya periode yang terlalu dekat juga kurang baik karena terpengaruh trend sesaat.

Cara menentukan keyword untuk struktur website dengan Google Trends

Setiap halaman website kita memiliki keyword tertentu yang  membuatnya muncul di rangking pertama SERP. Jika anda memiliki 10 halaman produk maka seharusnya ada minimal 10 keyword yang terdata pada Awstats anda. Semakin baik SEO website anda, semakin banyak pula variasi kata kuncinya. Blog pribadi saya memiliki 300 halaman dengan 20.000 lebih variasi keyword yang tercatat pada awstats hostingnya.

Misalnya saja anda memiliki 10 halaman di kategori tas sprei, 20 halaman di kategori tas promosi dan 5 halaman di kategori kemasan plastik. Setiap kali ada orang yang mengakses ke-35 halaman tadi, maka keyword tas promosi, tas sprei dan kemasan plastik akan selalu muncul. Hal ini akan amat sangat membantu google untuk mengidentifikasi website kita dan mengkategorikannya ke database mereka.

Struktur website kolam renang PoolNJacuzzi

 

MANFAAT TERBESAR STRUKTUR WEBSITE YANG BAIK

SEO memang penting bagi sebuah website, apalagi buat website perusahaan. Tetapi jangan pernah melupakan bahwa yang sesungguhnya anda hadapi dan persuasi itu adalah manusia. Makhluk hidup yang mempunyai pikiran dan perasaan. Jika anda melalaikan prinsip manusiawi ini, maka sehebat apapun teknik SEO anda pasti tidak maksimal hasilnya. Website adalah sebuah media, bukan segala-galanya.

Mengetahui perilaku pengunjung dari awstatsUntungnya manusia itu memiliki satu kesamaan, mau serba instan dan serba gampang. Data awstats menunjukkan hal ini, 80% visitor anda hanya bertahan dibawah 30 detik. Artinya dalam waktu 30 detik anda harus memberikan solusi atas permasalahan mereka. Jika konten anda tidak menjawab pertanyaan anda maka mereka akan pergi mencari alternatif lainnya alias mengunjungi pesaing anda. Sebaliknya, jika mereka tertarik dengan produk anda, mereka akan melihat produk lainnya. Inilah “Ahaa dan Horee kita !”

Struktur website yang baik seharusnya mudah dinavigasikan dan tidak menyesatkan. Apa hebatnya website yang kesannya rame ? Tidak ada kecuali membingungkan ! “Iki ndi seh ? Opo maksud’e ? Mbulet karep’e dewe !” kata mereka. Informasi memang penting, tapi internet adalah gudang informasi terbesar di dunia. Dan jika cara anda menyampaikan sebuah informasi yang sederhana terkesan sulit maka mereka akan pergi ! Emang lu siape ? Cape deh !

Anda harus membuat sesuatu yang sulit menjadi lebih sederhana, dan informasi yang sederhana menjadi beberapa kalimat saja. Sayangnya, hanya inilah satu-satunya cara untuk membuat sebuah website yang menghasilkan penjualan. Itulah seninya SEO, menyeimbangkan antara konten dan design, antara gambar dengan text, antara traffic dengan konversi. Kabar buruknya, teknik ini hanya bisa dipelajari dari trial and error alias pengalaman. Inilah alasannya mengapa web designer kawakan menentukan nilai yang WOW untuk jasa pembuatan website mereka. Karena anda membeli pengalaman mereka dan pengalaman itu mahal harganya !

Pendeknya, Struktur Website yang baik akan meningkatkan Time On Sitedan menurunkan Bounce Rate. Inilah faktor SEO 2013 yang merubah cara SEO untuk selama-lamanya.

Let’s face the truth ! Apakah anda berharap website anda akan berkembang di kemudian hari ? Nah, struktur website yang baik harus memasukkan faktor ini. Jangan sampai salah struktur sehingga kesulitan ketika akan meng-update produk – produk baru. Perubahan pasti terjadi, struktur website pasti akan berubah, tapi jangan sampai terlalu parah !

 

KESIMPULAN
Cara SEO yang baik dimulai dari rencana struktur website yang baik pula. Artinya SEO tidak bisa dilepaskan dari disain awal website anda. Itulah satu-satunya alasan saya tidak pernah mau menerima Jasa SEO Website yang sudah ada. Kasihan, harus bayar terus menerus untuk mempertahankan posisinya di SERP. Belum lagi kalo ada perubahan alogaritma baru dari Google. Metani maneh….!

Related Content