Manfaat Terbesar Facebook, Google+ dan Media Sosial Lainnya

Tujuan utama membuat facebook page adalah membangun komunitas untuk perusahaan anda. Anda menginformasikan perkembangan terkini produk anda, berinteraksi dengan pelanggan anda, memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi dan memasarkan merk anda. Intinya, anda berhubungan dengan pengguna produk anda. Lalu mengapa masih saja ada yang menyewa jasa like facebook supaya FB page mereka terlihat keren,  10.000 orang menyukai perusahaan anda !

Membahas keuntungan memiliki Facebook Page yang terhubung dengan website

MANFAAT TERBESAR KOMUNITAS ONLINE

Apa yang terlintas dalam pikiran anda ketika melihat sebuah website yang memasang Facebook Badge dengan tulisan 18.900 orang menyukai website ini ? Kredibilitasnya tinggi ? Dapat dipercaya ? Produknya baik ? Harganya murah ? Sebaliknya, apa pikiran anda jika mendapati hanya 10 orang saja yang menyukai website ini ? Toko online penipu ? Website yang mati ? Harga produknya mahal ? Tidak menarik ?  Pokoknya yang jelek-jelek deh pak.

Manusia memiliki kecenderungan melihat sesuatu dari kemasannya. Seorang yang memakai jas dan dasi segera kita anggap bos besar atau paling tidak bayarannya besar. Sebaliknya seorang om-om yang memakai kaos polo itu pasti orang biasa-biasa saja dengan rumah di pinggiran dan gaji pas-pasan. Atau seorang cewek cakep berdandan menor dengan tank top dan berbau harum pasti bukan wanita baik-baik. Apa persepsi anda ketika melihat seorang pria berambut gondrong , berwajah seram dan badannya penuh tato ?

Disain website itu benar-benar mempengaruhi kredibilitas perusahaan anda. Sayangnya begitu banyak orang yang secara sadar menjatuhkan kredibilitas perusahaannya di internet. Perusahaan mereka bonafit tapi website mereka asal-asalan, yang penting ada nama, alamat dan nomer telepon. Mereka bukannya tidak memiliki dana, tetapi tidak percaya dan tidak mau tahu dengan manfaat sebuah website. Padahal anak-anak atau cucu mereka sudah dikenalkan komputer sejak usia dini.

Tampilan Widget Facebook untuk website perusahaan10-20 tahun mendatang, ketika anak-anak itu memasuki dunia kerja maka itulah revolusi sebenarnya. Mereka tidak kenal dengan yang namanya Yellow Pages, iklan jitu, nomer telepon penerangan atau pasar tradisional. Yang mereka lihat pertama kali ketika membutuhkan suatu informasi adalah internet. Mereka tidak mengenal nama besar perusahaan anda di dunia nyata, yang mereka tahu hanya nama www dan [dot] com.

Lima tahun lalu, ketika saya mencari sebuah handphone, saya selalu membeli koran Jawa Pos terbitan hari Sabtu. Karena pada hari itu, jumlah pemasang iklan kategori handphone sangat banyak, bisa 1 halaman sendiri. Saya stabilo tulisan kecil-kecil di koran tersebut, saya bolak-balik berkali-kali, siapa tahu ada iklan jitu yang terlewati. Lalu saya telepon mereka satu persatu, mencoba menawar untuk mendapatkan harga termurah. Kalo cocok langsung saya berangkat ke tempat penjualnya.

Hari ini, ketika saya melihat iklan jitu kategori handphone, maka saya akan kecewa karena hampir tidak ada iklan jual beli handphone yang layak untuk dilihat.

Perubahan adalah sesuatu yang pasti di dunia ini. Dan jika anda bisa menebak dengan tepat arah perubahan tersebut, maka anda akan menjadi orang yang kaya raya. Saya tidak bisa menebak tepat 100%, tetapi saya yakin bahwa internet adalah salah satu arah yang akan dilewati oleh perubahan. Karena itu saya belajar mati-matian untuk membuat website yang menghasilkan penjualan. Dan salah satu rahasianya adalah menempatkan Facebook Page di tempat dan fungsi yang benar.

 

#1. MENINGKATKAN KREDIBILITAS WEBSITE

Apakah toko online ini benar-benar ada ? Apakah toko online ini masih hidup ? Apakah toko online ini masih menjual barang-barang yang dipajangnya ? Apakah pemilik website ini memberi bukti bukan asal janji ? Pendeknya, apakah kami bisa mempercayai anda ? Mana buktinya ?

Maka muncullah kolom testimonial di website anda. Jujur saja, saya tidak terlalu suka dengan fitur ini karena tingkat kebohongannya cukup tinggi. Semua orang bisa memberikan kesaksian, ya…semua orang ! Termasuk pemilik website. Nama bisa dikarang, dan yang pasti kata-katanya harus meyakinkan pembeli lainnya. Dulu teknik testimoni ini cukup manjur, tetapi siapa yang mau jatuh ke dalam lubang yang sama berkali-kali ?

Tujuan testimoni pelanggan ? Saya lebih memilih menggunakan Facebook Like BoxKolom testimonial tidak bisa diverifikasi. Siapa si Andi ? Gimana tampang Indah-Palu ? Ini Robby Santoso – Surabaya, kok mirip dengan nama teman saya yang gaptek? Semuanya ngomong barangnya sampai dengan cepat, kondisi baik dan pelayanan memuaskan ! Website yang luar biasa…kelihatannya !

Adanya Facebook Page tetap tidak bisa dijadikan tolak ukur kepercayaan sebuah website. Ini Internet bung ! Dunia di mana semuanya serba alias. Saya, anda dan para penipu memiliki kesempatan yang sama.

Bahkan sekalipun mereka menggunakan nama aslinya, tetap saja tidak ada jaminan bahwa foto yang dipajangnya benar-benar dirinya.  Apakah anda percaya bahwa nama saya benar – benar Wapannuri ? Ha…ha…ha….Bahkan sekalipun saya mengupload KTP saya ?

Lebih baik ada daripada tidak ada sama sekali. Namun lebih baik tidak ada daripada ada tapi tidak ada apa-apanya. Artinya, jika anda berniat memasang badge Facebook like box di website anda, maka bayar harganya. Jika anda tidak bersedia merawat FB page anda, jangan masuk ke media itu karena dalam jangka panjang malah menjatuhkan daripada meningkatkan kredibilitas.

Update-lah status FB page anda minimal 2 kali seminggu. Idealnya sehari 1 kali. Jangan cuman nulis, selamat pagi, selamat sore dan selamat istirahat ! Jangan menyundul…parah sekali anda ini….^-^’. Berikan nilai tambah kepada follower anda. Informasi yang anda sampaikan harus singkat dan menghibur. Jangan menjual ! Pasarkan produk anda ! Jangan seperti tukang obat pinggir jalan ! Bermain cantik sedikit gitu loh…

 

#2. MEDIA BERINTERAKSI

Ketika anda memutuskan untuk membeli jasa like Facebook maka anda sebenarnya kehilangan manfaat terbesar dari Facebook Page ini. Boleh jadi dalam hitungan hari jumlah like anda meningkat dari puluhan ke ratusan, dari ratusan ke ribuan follower. Tetapi semuanya itu akan sia-sia.

Mereka yang menyukai Facebook Page anda tidak tertarik dengan produk anda, mereka hanya tertarik dengan imbalan yang anda berikan. Anda memang berhasil meningkatkan kredibilitas website anda, tetapi tidak berhasil menjual produk anda. Lantas apa gunanya memiliki ribuan orang yang ternyata hanya menonton saja ? Bukankah tujuan utama website anda adalah menjual produk dan mengenalkan produk baru ?

Tujuan Facebook page adalah berhubungan dengan pelanggan anda, bukan menjual

Ibarat memiliki outlet di mall, lebih banyak pengunjungnya daripada yang beli. Kalaupun masuk, mereka hanya melihat-lihat saja. Beli pak ? Tidak, kami hanya cari angin saja ! Sama halnya dengan membuka toko di jalan yang ramai. Tiap hari banyak orang yang berlalu-lalang di depan toko anda….cuman berlalu – lalang saja ! Tidak ada yang tertarik dengan toko anda.

Mengapa anda tidak menggunakan fasilitas iklan dari Facebook ? Biayanya justru lebih murah daripada menggunakan jasa jempol. Anda hanya membayar selama orang meng-klik iklan anda. Dan mereka adalah orang yang memiliki ketertarikan dangan produk yang anda jual. Mungkin mereka tidak membeli saat itu juga, tetapi mereka adalah pembeli potensial. Mereka me-like FB Page anda dengan pertimbangan “mungkin sewaktu-waktu butuh” atau “siapa tahu ada promo menarik.”

Hal yang lebih menggembirakan lagi, pengguna facebook yang pernah membeli di anda persentase repeat order-nya lebih tinggi daripada website yang tidak memiliki Facebook for Business.  Nah, sekarang jalan mana yang anda pilih ? Sedikit tetapi prospek atau banyak like tetapi bodong ? Kualitas atau kuantitas ? Penjualan atau keren-kerenan?

 

#3. STRATEGI PEMASARAN PALING EFEKTIF

Semua orang tahu bahwa pemasaran dari mulut ke mulut adalah strategi terbaik untuk menjual produk. Di Facebook insight, istilah ini dikenal sebagai Virality.

Virality adalah persentase pengguna facebook yang memposting wall anda ke wall mereka. Jika ada 10 orang saja yang mem-broadcast ulang  wall anda maka berapa jumlah orang yang akan mengetahui produk anda ?

Facebook saya memiliki 400 teman lebih..ini prospek !Rata-rata setiap orang memiliki 100 orang teman, itupun sudah paling minim. Saya yang selama ini tidak pernah nge-add saja memiliki 450 orang teman. Hampir semuanya saya kenal karena saya sangatselektif meng-add mereka. Kalo gak kenal, gak tau dan gak jelas tidak akan saya approve. Sorry deh mas, add yang lain aja…ini area pribadi. Toh kalo tak approve, kita juga tidak akan pernah berinteraksi.

10 x 100, maka ada 1.000 orang yang mengetahui tentang keberadaan anda di dunia maya. Dan itu dalam waktu satu hari saja.

Jika dalam satu bulan anda melakukan update status sebanyak 15 kali, maka dalam bulan lalu ada15.000 orang yang mengetahui produk yang anda jual. Jika 1% dari 15.000 itu bertransaksi dengan anda, maka anda akan mendapatkan pelanggan baru sebanyak 150 orang. Hebatnya, anda tidak perlu membayar sepeser pun untuk memanfaatkan fasilitas ini.

Yang perlu anda lakukan hanyalah konsisten dan memberikan nilai tambah dalam Facebook page anda. Apakah nilai tambah itu pak ? Diskon ? Bonus pembelian ? Barang souvenir ? Ya, tetapi ada sesuatu yang gratis yang bisa anda manfaatkan sebagai nilai tambah. Mana ada yang gratis di dunia ini pak ? Yang kami tahu hanya toko online penipu yang menjual dengan harga miring. Jangan – jangan jasa membuat website perusahaan ini juga salah satu penipu….wikkk sadis sekalee…- .-’

Saya baru tersadarkan akan strategi menggunakan facebook ini setelah mendapatkan email dari Facebook. Tante Paku mention You ini a post…Wah senangnya disebut-sebut dalam facebooknya Tante Paku, ada apa gerangan ? Kok namaku disebut-sebut ? Ha…ha…ha….

Sentakan kedua yang menyadarkan saya adalah komentar salah satu follower saya….”ini Pak Wapan yang koment tah ?”

Hah ? Yah jelas saya sendiri lah ? Masak setan ? Mana ada setan yang doyan update status di Facebook ? Pertanyaan yang tidak perlu dijawab….tetapi kemudian saya seakan-akan mendapatkan pencerahan dari langit ! Saya flashback kembali, mereview kembali tulisan- tulisan di wall saya. Ternyata dia benar !

Cara Gratis mempromosikan Facebook page anda

Saya memang menambahkan nilai dengan menuliskan kata-kata bijak dan mempromosikan artikel yang saya buat. Tetapi saya seperti robot…diprogram untuk update status sehari sekali, setiap pagi kemudian saya tutup page saya dan melakukan hal yang sama keesokan harinya. Benar ! Facebook page saya memang hidup, tetapi tanpa jiwa. FB saya memang aktif, tetapi tidak berinteraktif. Page saya memang memberikan nilai tambah, tetapi kehilangan nilai utamanya, yaitu keberadaan saya.

Jadi, cara gratis mempromosikan facebook adalah menjalin relasi dengan follower anda. Setiap kali ada orang baru yang me-like facebook page anda. Ucapkan selamat datang dan terima kasih karena telah mem-follow anda. Gunakan fasilitas mention dari facebook. Ubah ucapan selamat pagi anda dengan sebuah cerita pribadi yang menggunakan sudut pandang “saya” atau “aku”. Keep it simple, short and hillarious ! Gratis kan ! Saya bilang juga apaaa….

 

KESIMPULAN
Media Sosial seperti facebook, twitter, google+ atau kaskus memang gratis. Tetapi anda harus tahu bahwa perubahan itu pasti terjadi. Jangan menutup kemungkinan bahwa Facebook bisa mati.Ingat kisah tragis Frienster dan Nokia ! Dan jangan lupa cerita kesuksesan Samsung dengan ponsel Android-nya.

Facebook dan lainnya adalah faktor eksternal yang tidak dapat kita kontrol. Mereka bisa sewaktu-waktu merubah aturan mainnya ataupun men-delete akun anda. Jika itu terjadi, maka tamatlah riwayat anda. Berapa banyak yang stress gara-gara website-nya ditendang Google Panda dan Pinguin ?  Bukan menurun, tetapi Nol besar. Dibuang dari database google !

Jadi, satu-satunya faktor yang bisa anda kendalikan adalah website perusahaan anda sendiri. Fokuskan seluruh waktu dan sumber daya anda untuk membesarkan web ini. Jangan sebaliknya, habis-habisan di faktor eksternal yang tidak bisa anda kontrol.

Jika anda selama ini menjual melalui blackberry saja, pertimbangkan untuk berinvestasi di website. Jika anda selama ini hanya mengandalkan facebook untuk menjual produk anda, maka ketahuilah bahwa pengguna internet berkali-kali lebih besar daripada pengguna facebook. Orang yang mengerti internet pasti tahu facebook. Sebaliknya orang yang bisa facebookan, mungkin saja dia cuman bisanya facebook saja.

Jangan ragu untuk menghubungi saya For You pasti The Best laah ! Salam Super (bosen salam sukses terus mas) !

Related Content