Membuat Website dan Promosi Website itu Beda !

Membuat website berbeda dengan mempromosikan website

Pekerjaan utama webmaster adalah merancang struktur website, mendisain tampilannya dan menginput data yang diserahkan klien. Sampai di sini kontrak jasa pembuatan website berakhir. Perusahaan anda sudah online dan webmaster menerima jasanya. Masalah website anda muncul di halaman pertama atau tidak itu persoalan lain, jangan disamakan antara pembuatan website dengan promosinya.

 

WEBSITE DAN PROMOSI

Website adalah salah satu sumber daya perusahaan kita sama seperti toko fisik, salesman, supir atau kasir. Perbedaannya adalah sifat mendesaknya.

Manusia memiliki kecenderungan untuk memprioritaskan apa yang di depannya daripada apa yang sesungguhnya penting. Seringkali kita mengangkat telepon yang berdering di tengah percakapan penting padahal apa yang disampaikan belum tentu penting. Dering telepon adalah sesuatu yang mendesak dan memerlukan respon segera. Jika tidak diangkat akan menganggu yang benar-benar penting. Kalau anda tertarik untuk membaca lebih lanjut tentang manajemen waktu pribadi silahkan baca blog pribadi saya.

Website tidak terlihat sehingga tidak mendesak sekaligus tidak penting. Akibatnya kita hanya menginvestasikan sedikit waktu dan sumber daya di bidang ini namun mengharapkan hasil besar (ini yang susah buat seorang webmaster). Mengapa setelah sekian bulan, tidak ada penjualan dari website perusahaan kita ? Padahal kita sudah keluar uang “banyak” sekali.

Website butuh promosi supaya menghasilkan penjualan.Karena website anda hanya selesai di tahap pembuatan saja dan tidak dilanjutkan ke tahap promosi. Banyak orang salah persepsi antara produk yang dimasukkan ke  website dengan penjualan produknya. Analogi yang paling mudah adalah membuka toko baru.

Ketika pertama kali membuka toko, maka anda akan menentukan produk yang akan anda jual, membeli rak barang, mengolongkan berdasarkan fungsi dan menatanya semenarik mungkin untuk menggoda indra pembeli.

Toko anda telah siap untuk menghasilkan uang. Pertanyaan saya, apakah toko anda langsung menghasilkan penjualan ?

Ketika kita berada dalam tahap pembuatan website fokus utamanya adalah memudahkan pengunjung menemukan produk yang dibutuhkannya. Itulah yang saya maksudkan dengan kategori barang ! Memang anda menjual makanan ringan, bahkan semua yang berhubungan dengan jajan basah bisa anda buat. Mulai dari siomay, risoles, lemper, pastel, yong tofu atau pancake. Tetapi anda hanya memiliki keistimewaan di beberapa makanan saja, anggap saja risoles dan siomay.

Ilmu menajemen menyebutnya sebagai keunggulan kompetitif. Persentase keberhasilan anda lebih tinggi daripada pesaing anda. Pembuat website yang bertujuan memaksimalkan keuntungan anda seharusnya menyarankan untuk berfokus di dua kategori ini, siomai dan risol. Karena dia bisa memberikan win-win solution bagi pembeli dan penjual. Ingat, modal bisnis adalah kepercayaan. Apalagi bisnis online, standarnya lebih tinggi ! Jangan sekali – sekali menukar integritas perusahaan anda dengan traffic ! Tidak ada gunanya.

Usahakan menkategorikan produk anda maksimal 6 kategori utama dan masing-masing kategori memiliki maksimal 3 sub kategori. Lebih dari itu, anda bukan membantu pengunjung melainkan membuatnya kebingungan, terlalu banyak pilihan ! Anda dan pesaing anda hanya beda satu klik saja. Bagaimana jika kategori produk anda lebih dari 6 ? Pertimbangkan untuk membuat website baru yang bisa menampung kategori tersebut.

Waa…investasi lagi pak ! Biaya lagi ! Ya, memang begini aturan bisnis online. Jika anda tidak menurutinya juga tidak apa-apa, tetapi jika anda berjalan sesuai aturan maka upah besar akan menanti ! Lebih baik membuat website mahal yang menghasilkan daripada website murah namun mati ! On Your Call…

Kategori produk adalah rahasia kesuksesan dalam membuat website

Kategori ini dimanifestasikan ke dalam website dalam bentuk navigasi.  Dan navigasi adalah hal pertama yang dilihat oleh pengunjung anda. Saya tahu hal ini amat sangat penting sekali bagi kesuksesan sebuah website karena itu saya juga sangat menekankan pengkategorian ini sebelum melanjutkan mengisi konten. Jika klien saya tidak bisa mengkategorikan produknya dengan baik maka saya tidak bisa mengerjakan proyek ini karena saya yakin website ini pasti hidup enggan mati pun segan.

Setelah semua produk telah di masukkan di www.perusahaanAnda.com maka toko online anda siap di buka.  Pasang poster besar di homepage anda, informasikan keunggulan kompetitif produk anda dan bukalah pintunya. Tetapi sebagian besar orang berpikir terbalik, pasang posternya dulu di homepage, soal produk nanti saja. Yang penting kelihatan ngejereng dulu ! Lah…link produk yang ada di poster tidak ada, lalu bagaimana menunjukkan ke pengunjung ?

Itulah kesalahan utama pemain baru bisnis online, tapi ya wajar sekali. Namanya juga baru belajar, yang ngajari harus sabar…sabar…saaabar !

Jadi, ada dua urutan  yang  harus dilalui dalam dunia website.  Tahap pertama adalah pembuatan website. Setelah selesai baru masuk ke tahap promosi website. Jangan masuk ke tahap berikutnya jika tahap sebelumnya belum selesai karena peperangan sesungguhnya baru dimulai !

 

KESIMPULAN
Membuat website itu mudah sekali. Tinggal masuk-masukan foto, spesifikasi produk dan sedikit kecap. Namun bukan berarti website anda akan menghasilkan….salah…website anda baru siap menjual. Ibaratnya,  grand opening !

Langkah berikutnya adalah mempromosikan web perusahaan anda. Inilah bagian tersulitnya kawan ! Tidak semua orang bisa melakukan hal ini. Jika anda hanya berpikir tentang SEO maka anda perlu membaca tulisan saya tentang halaman pertama dan tingkat penjualan.

Membuat website menghasilkan itu memerlukan perencanaan, analisa keunggulan kompetitif, tingkat persaingan dan strategi penyerangan. Jika anda benar – benar peduli dengan keberhasilan website perusahaan anda maka sediakan waktu untuk berkonsultasi dengan saya. Anda bisa telepon 031-3355.1011 atau mengirimkan email pembuka. Sukses untuk anda !

Related Content