Memilih Keyword yang Tepat Sasaran

Pengertian Keyword dalam SEO

 

PENGERTIAN KEYWORD DALAM SEO

Keyword adalah kata – kata yang digunakan orang untuk mencari informasi melalui Google (search engine). Banyak orang menyebut keyword ini dengan kata kunci.Keyword bisa satu kata, dua kata, atau banyak kata. Hasil pencarian dengan menggunakan satu kata selalu lebih banyak jika dibandingkan dengan hasil pencarian dua kata. Dan semakin sedikit lagi jika menggunakan tiga atau empat kata.

Analisa  keyword penting dalam sebuah website karena menentukan hidup atau matinya website tersebut. Website yang bagus, menarik, mudah digunakan akan mati jika tidak ada pengujungnya. Dengan kata lain tidak menghasilkan penjualan ! Keyword bisa mendatangkan pengunjung, namun tidak semua keyword bisa merubah pengunjung menjadi pembeli. Website yang tinggi traffic-nya tidak selalu tinggi tingkat konversinya.

Teknik memilih keyword yang tepat adalah salah satu faktor yang ada dalam SEO (Search Engine Optimization).  Faktor – faktor lainnya bisa anda lihat dalam Panduan SEO untuk Pemula.

 

Hubungan keyword dengan traffic

CARA MEMILIH KEYWORD

Semua keyword baik, namun tidak semua keyword berguna. Sama halnya dengan pengunjung. Ada pengunjung yang mencari informasi umum, ada pengunjung yang membanding-bandingkan produk dan ada pengunjung yang berniat membeli.

Keyword yang populer tinggi tingkat persaingannya, namun tidak berarti keyword yang tidak populer tidak bisa menghasilkan penjualan. Satu kata keyword mendatangkan traffic¸dua kata keyword mendatangkan pembeli, tiga kata keyword menghasilkan penjualan.

Pengunjung yang mencari informasi mengenai kamera CCTV akan mengetik-kan keyword “Kamera CCTV” di Google. Sedangkan pembeli yang memutuskan untuk membeli secara lokal akan mengetikkan “Kamera CCTV Surabaya.” Jadi, sekalipun website anda muncul di halaman pertama dengan menggunakan keyword “CCTV” tidak selalu lebih menghasilkan penjualan, kalo traffic sih iya.

 

KEYWORD TOOL

Google Keyword Tool

Ada banyak tool yang bisa kita gunakan untuk melakukan analisa keyword. Namun saya sarankan untuk menggunakan Google Keyword Tool, biasa disebut juga dengan Google Insight For Search. Selain Gratis dan mudah digunakan,  hasil analisanya berasal dari data Google  sendiri.

Kita bisa melakukan filter keyword berdasarkan lokasi, rentang waktu dan kategori. Kita juga bisa membandingkan data dua keyword atau lebih.

Selain Google Insight for Search,  keyword search tool lainnya yang bisa anda gunakan secara gratis adalah:

Google Trends
Google Adwords Keyword Tool 

 

KESIMPULAN

Analisa keyword harus dilakukan dengan cermat, memilih keyword yang salah berarti mendatangkan pengunjung yang salah pula. Keyword harus disesuaikan dengan tujuan anda: meningkatkan traffic satau mendatangkan pembeli.

Related Content