Mengenal Sistem Website: CMS & Non CMS

Ada banyak sistem dasar pembuatan website, misalnya: php, html, ajax dan drupal. Untuk mempersempit pembahasan, saya akan membagi sistem website menjadi dua kategori saja. Yaitu CMS dan Non-CMS.

2 Sistem website yang harus anda ketahui, cms dan non cms

 

WEBSITE DENGAN SISTEM CMS

CMS atau Central Management Sistem sebenarnya adalah sebuah program. Istilah bekennya: Website Builder. Pada intinya, website ini mempunyai dua tampilan.Tampilan Front End dan tampilan Back End.

Tampilan front end adalah tampilan yang dilihat oleh pengunjung, sedangkan back panel adalah tampilan untuk mengedit, menambah atau mengurangi isi website tersebut.

Anda bisa melihat tampilan front end dan back end website cms ini langsung dari sumbernya, yaitu Joomla (versi 2.5).  Untuk dapat masuk ke back panel anda harus memasukkan username: demo dan password: demo.

CMS adalah nama generik, seperti Aqua, nama generik untuk air mineral dalam kemasan. Sedangkan Joomla adalah merk produknya. Ada banyak sistem CMS yang digunakan, namun yang paling terkenal adalah WordPress, Drupal dan Joomla.

Front End dan Back End Jomla CMS

Keuntungan Website CMS

Pertama, tidak perlu menguasai bahasa HTML, PHP,  CSS dan bahasa pemrograman lainnya. Anda hanya perlu klik sana dan klik sini untuk menambah konten. Untuk merubah tampilan website cms ini, anda hanya perlu mencari template dan meng-install-nya. Sayangnya, untuk template yang bagus anda harus membelinya, tetapi banyak template jomla gratisan yang tak kalah bagusnya loh. Anda hanya perlu telaten mencarinya di Internet.

Kedua, fasilitas website cms sangat lengkap. Ada manajemen user, dimana anda bisa membuat level administrator, editor, user atau quest yang memiliki hak-hak berbeda. Misalnya hak user hanya untuk meliihat, hak editor untuk mengedit konten atau hak administrator untuk menambah dan menghapus konten. Ada fasilitas laporan untuk melihat perkembangan website, laporan transaksi penjualan dan laporan-laporan lainnnya.

Yang paling menyenangkan, website dengan sistem CMS ini gratis. Anda bisa memiliki segala keunggulan Joomla, WordPress ata vBulettin ini tanpa mengeluarkan sepeser uang pun. Tinggal menginstall-nya di hosting dan domain anda melalui menu Cpanel-nya. Hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit !

Keuntungan membuat website non cms

NON-CMS WEBSITE

Website jenis ini menggunakan bahasa pemrograman seperti PHP, HTML, CSS atau Ajax. Sebenarnya, CMS adalah kumpulan dari bahasa pemrograman. Jika ditelusuri lebih lanjut, anda akan menemukan bahasa – bahasa ini pada CMS anda. Ibaratnya, php,html, css dan lainnya adalah mentahannya yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah CMS.

Tidak ada tampilan back panel pada website non-cms ini. Sebenarnya kalau mau dibuat tampilan back end-nya juga bisa, tetapi ongkos pembuatannya pasti mahal karena harus mulai dari nol dan prosesnya lama.

 

Keuntungan Website Non-CMS

Jasa disain website tanpa sistem CMS

Tampilan dan disain sesuai dengan karakter pembuatnya. Jika web disanernya berkarakter minimalis, maka hasil karyanya juga minimalis. Jika disainernya rame, otomatis portofolio webistenya berwarna-warni, ngejreng dan penuh dengan akesosoris. Non CMS website biasanya unik dan bisa dibedakan dengan CMS Website.

Proses loading jauh lebih cepat karena ukuran file-nya relatif  lebih kecil daripada website CMS.

 

KESIMPULAN
Semua sistem website yang ada di Internet itu bagus, asalkan sesuai dengan tujuannya. Jika anda hendak membuat sebuah Company Profile, idealnya menggunakan website non-CMS. Sebaliknya, jika anda berencana untuk membuat blog maka WordPress (CMS) lebih tepat untuk website anda. Jika anda menginginkan toko online, maka saran kami menggunakan Joomla CMS sebagai sistem website anda.

Bisakah kami membuat toko online menggunakan sistem non CMS ? Bisa, tapi siapkan dana yang besar dan proses yang lama. Bisakah kami membuat website Company Profile dengan sistem CMS ? Bisa, tapi anda tidak memiliki keunikan tampilan yang membedakan website anda dengan website CMS lainnya.

Jadi, sesuaikan sistem yang akan anda gunakan dengan tujuan anda membuat website !

Related Content