Perbedaan Facebook Page dengan FB Profil

Hampir semua orang memiliki facebook, namun 70% tidak mengerti perbedaan antara Page dan Profil. Tampilan FB page dan FB profil hampir sama tetapi sebenarnya berbeda fungsi. Banyak dari orang – orang ini menggunakan akun FB profil untuk menjual produk ke teman-temannya. Mereka tidak salah, yang terpenting adalah menghasilkan, bagaimana caranya terserah. Namun alangkah baiknya, jika kita menggunakan alat yang sesuai dengan fungsinya. Facebook Page untuk bisnis sementara Facebook Profil untuk menjalin persahabatan.

Tentang Facebook Page

 

MENGAPA HARUS FACEBOOK PAGE

Facebook Page atau sering disebut juga sebagai Facebook for Business memiliki fasilitas istimewa yang tidak dimiliki FB profil. Data – data yang bisa kita lihat :

Like it facebookNew Like
Like di sini adalah orang-orang yang menyukai dan tertarik dengan produk kita. Mereka adalah calon pelanggan dan juga calon agen penjualan produk kita. Mengapa mereka me-like Facebook page milik kita jika tidak tertarik dengan barang yang kita jual.  Mereka adalah calon pembeli potensial.

Insight
Jika di laporan Like kita bisa melihat siapa saja yang menjadi pengikut kita, maka laporan Insight adalah ringkasan data mereka. Misalnya : usia, jenis kelamin, kota dan data-data lainnya yang pasti sangat berguna untuk program pemasaran anda.

Data dari Facebook page

Laporan pemasaran melalui Facebook

Lebih jauh lagi, anda bisa mengetahui siapa saja yang suka menyebarkan postingan anda ke teman – teman mereka. Anda bisa melihat postingan apa yang paling banyak di-share kembali, yang bisa di-filter sesuai dengan keinginan anda. Facebook mendefinisikan data ini sebagai Virality.

 

CARA MEMBUAT FACEBOOK PAGE

Ada 2 cara membuat facebook page:

  1. Membuat Facebook Page dengan menggunakan FB pribadi anda
  2. Membuat Facebook Page baru dengan FB profil yg baru juga

Saya lebih suka cara yang pertama karena tidak perlu banyak mengingat password dan harus keluar masuk untuk mengedit FB page saya. Jangan kuatir, anda bisa membuat FB page sebanyak mungkin. Saya sendiri memiliki 3 page dari 1 akun facebook saya.

cara-membuat-facebook page

Untuk membuat FB for business cara pertama anda harus masuk kea kun Facebook anda, kemudian lihat ke bagian bawah facebook (footer), maka anda akan melihat link “Create a page.” Klik dan ikuti langkah demi langkah.

cara-membuat-facebook-bisnisAnda harus log out dari akun facebook anda jika ingin menggunakan cara kedua. Di bagian bawah kolom pendaftaran, anda akan melihat tulisan “Create a Page for a celebrity, band or business…” Klik link itu dan ikuti petunjuknya.

Setelah anda membuat Facebook for business (dengan cara apapun) anda akan diminta untuk memasukan nomer ponsel anda. Gunanya untuk verifikasi dan pengaktifan page baru anda. Masukan saja dan beberapa saat kemudian anda akan mendapatkan sms yang berisi kode aktivasi.

Ketik kode aktifasi tadi di kolom yang disediakan maka beberapa saat kemudian facebook for business anda akan segera aktif. Isilah data-data seperti anda mengisi data untuk facebook profil anda. Mudah bukan ? Gratis lagi.

 

KEUNTUNGAN MEMBUAT FACEBOOK PAGE

Pertama, persiapan masa depan anda. Awalnya mungkin anda coba-coba untuk menjual sesuatu melalui facebook profil anda. Jika ternyata menguntungkan maka anda bisa memikirkan untuk mulai membuat website. Entah itu berbentu toko online atau sekedar Company Profile saja. Anda akan menemui kendala jika menggunakan Facebook profil anda. Mereka harus menjadi teman untuk bisa melihat produk yang anda jual, dan anda harus men-accept request mereka terlebih dulu. Tidak instan. Kemudian masalah privasi anda, wall anda dipenuhi dengan FarmVille, Zynga Poker, Garden of Time dan lain-lainnya. Bagaimana reaksi calon pelanggan anda melihat isi FB anda ? Terakhir, yang paling menyebalkan bagi teman-teman lama anda adalah wall mereka dipenuhi oleh postingan anda ! ^-^’

Facebook like dan shareJika di kemudian hari anda memutuskan untuk meng-intgrasikan Facebook dengan website anda. Maka muncullah masalah yang tidak diinginkan oleh kita berdua, anda sebagai pemilik usaha dengan kami sebagai webmaster. Facebook profil tidak bisa dibuat “Like Box” dan “Share box” yang bisa hanya Facebook Page.

Anda bisa menaruh Like Box ini di website anda dan memberikan kemudahan bagi pengunjung yang tertarik dengan produk anda untuk mengikuti perkembangan terbaru. Ketika anda memposting produk baru di facebook page, maka seluruh Liker akan melihat postingan baru anda di wall mereka.

Dengan Share Box anda mempermudah orang-orang yang menyukai produk anda “meng-iklan-kan “ produk anda di wall pribadi mereka.

 

KESIMPULAN

Segala sesuatu ada fungsi dan kegunaannya. Demikian pula Facebook for Business.  Mengapa anda tidak menggunakan fasilitas ini untuk mengembangkan bisnis anda ? Bukankah FB Page ini gratis ?

Ah….saya cuman iseng-iseng saja kok pak ? Nggak perlu page-page-an. Yah…itu terserah anda. Saya hanya menunjukkan jalan yang benar supaya anda tidak kesulitan di kemudian hari. Sukses untuk anda !

Related Content