Realita dan Fakta Toko Online yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa orang menawar toko online semurah-murahnya. Mereka beralasan bahwa di tempat lain harganya cuman 500 ribu rupiah, sudah termasuk sewa domain dan hosting lagi. Yang lebih menyakitkan lagi, toko online kan cuman tinggal klik sana klik sini, 500 ribu itu masih terlalu mahal. Miris memang, tetapi itulah fakta abu-abu yang mereka ketahui tentang dunia online. Pernyataan klien awam memang benar, namun tidak lengkap !

3 fakta tentang toko online yang perlu anda ketahui

 

HARGA SEBUAH WEBSITE TOKO ONLINE

Berapa harga ideal sebuah toko online ? Tergantung dari sisi mana anda melihatnya. Dari sisi klien, harga pasaran toko online dibawa satu juta, paling mahal dua juta. Sementara dari sudut pandang penjual, jasa pembuatan toko online idealnya 1,5 juta rupiah. Masing – masing mempunyai dasar yang logis.

Toko Online harus murah karena menggunakan program open source. Ya, itu betul ! Webmaster hanya perlu merubah sedikit untuk menyesuaikan dengan permintaan klien. Merubah warna, background, mengupload logo perusahaan dan mengatur tata letaknya. Memang tidak ada kesulitan sama sekali, bahkan orang yang baru belajar membuat website pun bisa mengerjakan hal ini sampai bertemu dengan materi yang dibutuhkan untuk isi web.

Harga sebuah website toko online harus murah ? Bagaimana dengan kualitasnya ?Klien yang mengejar harga murah biasanya tidak memiliki materi yang dibutuhkan. Pokoknya aku kepingin punya toko online sendiri.

Materinya kamu cari sendiri di internet, gambarnya kamu ambil saja dari sana dan tulisannya kamu comot saja. Gampang kan ! Atau kamu scan saja brosur ini dan masukkan ke toko online saya. 

Setelah beberapa hari, paling lama seminggu. Jadilah sebuah toko online yang baru hidup untuk kemudian mati selamanya. Bahkan anda sudah lupa nama website anda karena tidak ada yang bertanya ataupun menelepon.

Apa tidak sayang pak buang – buang uang dengan cara seperti itu ? Oh….tidak apa-apa, namanya saja “berusaha.”  Ya, saya menyadari kalo investasi yang saya keluarkan segini hasilnya ya segitu !

Lah… kalau sudah tahu hukumnya begitu terus kenapa dilanjutkan toh pak ? Namanya saja “mencoba”, kalau tidak berhasil juga tidak apa-apa. Saya sadar harga murah ya seperti itu hasilnya. Mana mungkin 500 ribu bisa menghasilkan 5 juta toh pak ? Yang benar aja, bapak sebagai pembuat website masa gak tau hal ini ?  Diieeeng….!

 

REALITA TOKO ONLINE

Membuat toko online memang mudah dan murah.  Membuatnya menghasilkan itulah yang menjadi masalah utamanya.  Tidak setiap website akan menghasilkan, ada website yang ditakdirkan untuk mati suri dan ada juga website yang dirancang untuk sukses. Bukan masalah harga atau jasa, tetapi lebih ke arah konsep.

Toko online murah menjual program dan template Toko online yang murah tidak menjual konsep, mereka menjual program. Anda bayar sekian rupiah dan website anda akan menjadi seperti ini, take it or leave it ! 

Masalah jalan atau tidak jalan, laku atau tidak laku itu tidak ada dalam perjanjian. Tugas kami hanya membuat struktur utama website dan mengajari anda cara memasukan produk ke dalam toko online milik anda. Tidak lebih dan tidak kurang !

Jika anda berpikir bahwa membeli paket yang lebih mahal akan meningkatkan peluang sukses anda di internet, maka anda salah lagi ! Tugas seorang developer website adalah menginput produk dan mengupload ke web server. Masalah berhasil atau tidaknya itu bukan tanggungjawab mereka. Hanya saja, paket yang lebih mahal tampilannya lebih ekslusif dan rapi.

Mari kita lihat realitanya, berapa investasi yang rela anda keluarkan untuk membuat sebuah website toko online ? Saya pikir 500 ribu adalah angka yang tepat.

Berikutnya, ada berapa orang yang mampu mengeluarkan uang sebesar 500 ribu ? Banyak ? Sangat Banyak atau Sungguh Amat Sangat Banyak ? Jika demikian berapa banyak website yang menjual barang yang sama ? Ada berapa toko online yang muncul setiap harinya ? Seberapa banyak pesaing anda ? Puluhan ? Ratusan ? Ribuan atau bahkan jutaan ?

Itu semua belum termasuk blog-blog gratisan yang juga mengadu nasib dengan menjual barang yang sama. Belum termasuk portal iklan gratis seperti TokoBagus atau Berniaga. Juga belum termasuk forum jual beli seperti Kaskus. Ditambah lagi musuh dalam selimut, yaitu Blackberry anda !  Bisa anda bayangkan tingkat persaingan di dunia online sana ?

Memang investasi yang anda keluarkan untuk sebuah toko online itu relatif murah. Tetapi anda melupakan persaingannya !

Tidak ada orang bodoh yang menantang pemimpin pasar head-to-head. Tetapi saya seringkali melihat tindakan bodoh ini di dunia online. Sudah tahu persaingannya berdarah-darah tetap saja dimasuki ! Sudah tahu musuhnya bejibun tetap saja maju tanpa persiapan, “Merdeka atoe Mati !” kata mereka. Konyol sekali !

Siklus hidup dan pertumbuhan toko online

Jika anda mengharapkan penjualan secepatnya dari toko online maka anda akan kecewa. Faktanya adalah toko online tidak akan menghasilkan penjualan pada tahun pertama, atau ada penjualan tetapi minim sekali, bisa saja satu barang saja selama satu bulan. Di tahun kedua, jika anda beruntung dan konsisten maka jerih payah anda akan kelihatan hasilnya. Mulai ada orang yang menelepon untuk menanyakan produk yang ada dalam website anda dan membelinya. Dan jika dasar toko online anda benar, maka penjualan anda akan meningkat dan stabil.

Kuncinya adalah stabil. Artinya, tanpa perlu melakukan apa-apa, penjualan terjadi dengan sendirinya.

Banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan toko online, seperti struktur, kemudahan navigasi, tampilan visual dan materi. Yang bisa anda lakukan hanya menyerahkan kepada ahlinya. Anda tidak memiliki pengetahuan tentang website yang menjual ataupun pengalaman membangun toko online, pasrahkan saja ke disainer anda. Sebaliknya anda bisa mematangkan materi produk anda sendiri. Jika isi website ini anda paksakan kepada web developer anda maka terjadilah kekacauan itu ! ^-^

Hal yang tidak anda kuasai anda kerjakan, sementara hal yang bisa anda kerjakan dengan baik malah anda serahkan ke orang yang tidak mengerti apa-apa. Selamat datang di dunia online kawan ! Tempat dimana semuanya serba terbalik.

Rahasia kesuksesan toko online adalah materi. Faktor ini juga menjadi kesalahan terbesar pemain baru. Yang dilihat pertama kali oleh pengunjung adalah foto ! Sebuah gambar mewakili seribu kata. Bentuknya, warnanya, dimensinya dan fungsinya bisa diterjemahkan dalam sebuah file JPG berukuran 50kb.

Foto yang tajam dan cerah meningkatkan peluang penjualan

Masalahnya, orang yang menawar habis-habisan harga toko online tidak memiliki sudut pandang ini. Kan tinggal kopas saja dari internet Pak ! Produk saya ya kayak gitu, buat apa difoto – foto lagi. Jangan lebay dong Pak. Ya udah, kalau bapak tidak mau saya cari web disainer lainnya saja ! Sudah mahal, cerewet lagi anda ini !

Tips foto produk untuk toko onlineSatu gambar bisa di copy-paste ke ratusan website pak ! Cara ini tidak membuat seorang pengunjung membeli dari anda. 

Perilaku konsumen di Internet adalah mencari informasi dulu mengenai spesifikasi produk, range harga dan lokasi. Jadi mereka tahu benar bahwa website anda tidak ada bedanya dengan toko online lainnya.

Memang benar materi yang baik tidak selalu menghasilkan closing sale. Tetapi sebuah toko online yang digarap serius akan meningkatkan kesuksesannya.

Jika sebuah foto bisa meningkatkan peluang sebesar 5% saja, maka pekerjaan itu layak dikerjakan dengan baik !

Toko online berbeda dengan toko offline karena hanya melibatkan indra visual. Gambar anda memang tajam dan menarik, tetapi tidak bisa menggambarkan berat atau ukuran. dua buah gambar tidak bisa memvisualkan ukuran sebenarnya kecuali pengunjung anda pernah memiliki pengalaman dengan produk tersebut. Karena itu anda tetap harus mendeskripsikan produk anda dengan kata-kata.

Kabar baiknya, semakin baik penjelasan produk anda, semakin besar peluang untuk sukses di masa depan. Sebuah gambar menggoda pengunjung membelinya dan hanya kata-kata saja yang mampu mendatangkan mereka ke website anda !

 

KESIMPULAN

Beberapa hal yang saya sebutkan di atas hanyalah sebagian kecil dari puluhan faktor yang mempengaruhi kesuksesan toko online. Jika hal – hal kecil saja tidak anda kerjakan dengan serius, bagaimana mungkin toko online anda bisa menghasilkan ?

Jika anda tidak bisa melakukan hal – hal besar, maka kerjakan hal – hal kecil secara luar biasa ! Membangun Toko Online yang sukses hanya memerlukan konsep yang besar dengan dasar yang benar. Tugas anda adalah membuat konsepnya dan saya membangun fondasinya.

Lebih baik berkonsultasi sebelum melakukan kesalahan daripada merubuhkan yang sudah ada dan membangun yang baru. Hubungi saya di (031) 3355 1011 atau kirimkan email. Sukses untuk anda !

Related Content