Saya sudah punya website ! Lalu apa ?

Bagi kebanyakan orang, memiliki sebuah website adalah tujuan akhir. Langkah berikutnya adalah melupakannya….bahwa perusahaannya pernah memiliki website. Sisanya adalah orang yang menyadari peluang usaha di internet namun bingung harus bagaimana. Ya….saya sudah punya sebuah website ! Lalu apa yang harus saya lakukan dengannya ?  ]

Strategi mempromosikan website

 

WEBSITE – TRAFFIC – KONVERSI

Konsep dasar menjual melalui website adalah mendatangkan pengunjung dan merubahnya menjadi pembeli. Jika anda berhenti di titik mendatangkan pengunjung saja, maka anda akan memiliki situs yang aktif dan ramai tetapi tidak menghasilkan penjualan. Atau perbandingan antara pengunjung dan pembeli tidak siginifikan. Mendatangkan pengunjung adalah langkah berikutnya setelah membuat website.

Kami percaya bahwa semua website memiliki pengunjungnya sendiri. Tidak ada website yang tidak memiliki traffic. Masalahnya adalah pengunjung jenis apa yang datang ke website anda ? Pengunjung potensial atau pengunjung yang tidak potensial. Mendatangkan traffic yang potensial belum tentu menghasilkan penjualan, apalagi mendatangkan pengunjung yang lebih tidak potensial. Mereka akan melihat sekilas dan pergi begitu saja.

Kategori Traffic. Potensial dan Tidak PotensialRubah konsep berpikir anda bahwa website harus ramai agar menghasilkan. Yang benar adalah  membuat website dikunjungi oleh orang yang tepat.

Jika anda memiliki kelebihan di disain seragam yang kreatif, pengunjung yang mencari harga murah tidak akan membeli produk anda. Sebaliknya jika anda memiliki keunggulan di harga yang murah, mendatangkan pengunjung yang mencari disain terbaru juga tidak akan merubahnya menjadi pembeli.

Kenali keunggulan produk anda dan datangkan pembeli yang sesuai dengan kelebihan perusahaan anda.

Di bisnis nyata, anda tidak akan mengirimkan proposal seragam sekolah ke toko kelontong. Tetapi banyak pelaku bisnis online yang melakukan hal ini. Mendatangkan pengunjung yang mencari film gratis ke website anda yang menjual jasa pembuatan seragam.

Lebih baik sedikit pengunjung yang tertarik membeli produk anda daripada banyak pengunjung tapi hanya jalan-jalan saja. Lebih baik sebuah website yang jelek tetapi menjual daripada website indah tapi membuat pengunjung kebingungan, “Apa sih maksud web ini ?”

 

STRATEGI PEMASARAN WEBSITE

Buatlah sebuah Facebook Page, atau Facebook For Business untuk website anda. Fungsinya meningkatkan kepercayaan pembeli, berinteraksi dan media komunikasi. Facebook page yang memiliki 1.000 like lebih trustworthy di mata pengunjung. Sekilas pikiran mereka berkata,”Ah…website ini tentu baik, karena banyak orang yang menjadi follower-nya.”

Tunggu dulu ! Tahukah anda bahwa like itu bisa dibeli dengan harga yang relatif murah. Ada komunitas liker di facebook. Anda hanya perlu membayar sekian rupiah untuk mendapatkan sekian like untuk facebook page anda. Tidak ada yang salah dengan membeli like untuk bisnis anda. Tetapi jangan pernah melupakan tujuan utama anda membuat FB page ini.

Anda ingin menjalin komunikasi dengan pembeli potensial anda, memberikan mereka informasi tentang produk terbaru, promosi untuk menyambut ulang tahun perusahaan anda atau sekedar menyapa dan memberi semangat pelanggan – pelanggan lama anda.

Menggunakan Google Place untuk menambah Traffic

Daftarkan perusahaan anda di Google Place. Ketika seseorang mencari perusahaan anda melalui Google, maka mereka akan melihat lokasi perusahaan anda dalam hasil pencarian. Bentuknya petadan ketika mereka mengakses melalui tablet atau smartphone, mereka bisa langsung menekan direction dan keluarlah petunjuk jalan dari posisi mereka saat ini ke tempat perusahaan anda.

Broadcast informasi dan promosi melalui Blackberry dan tambahkan link ke website anda. Hampir setiap hari kita menerima broadcast, ada yang hoax, lowongan pekerjaan, promosi, kehilangan, permintaan bantuan, motivasi dan informasi sampah. Ketika kita merasa hal tersebut berguna, maka kita dengan sukarela mem-broadcast-nya kembali. Namun kadangkala kita terpaksa meneruskan BC karena kasihan dengan isinya.

Jadi, ketika anda hendak mempromosikan website anda melalui blackberry, tulislah informasi yang menarik, yang membuat orang lain dengan sukarela meneruskan BC anda. Buatlah tulisan yang menginspirasi, memotivasi dan berguna. Anda harus kreatif. (Study Kasus: Menghubungkan Website dengan Blackberry)

Bagikan brosur offline. Brosur yang berwarna jauh lebih mahal daripada brosur hitam putih. Tidak dapat dipungkiri bahwa brosur yang menarik cenderung dilihat orang. Dan sebuah brosur yang menarik pasti berwarna-warni. Dengan sebuah website anda bisa mengkombinasikan brosur hitam putih yang murah dengan website yang berwarna-warni. Tambahkan sebuah ink website ke dalam brosur anda. Buatlah halaman khusus untuk promosi yang anda sebar melalui brosur tersebut. Jangan hanya mengarahkan ke homepage situs anda. Arahkan ke halaman promosi tersebut untuk memudahkan pengunjung yang tertarik dengan produk anda.

 

KESIMPULAN

Masih banyak cara untuk mempromosikan website anda. Anda bisa melakukan email marketing, sms masal, iklan online, iklan baris di koran atau berjualan di forum internet. Jangan membatasi diri anda dengan mengatakan, “Itu tidak bisa” atau “Sudah banyak orang yang melakukan hal itu.” Ingatlah bahwa rejeki itu dari Tuhan. Anda hanya perlu melakukan yang biasa anda lakukan. Dengan cara yang berbeda, yang sesuai dengan diri anda ! Sukses untuk anda !

 

Related Content