Siklus Hidup Tokobagus, OLX, Berniaga dan Iklan Gratis Lainnya

Iklan gratis yang saya maksudkan di sini meliputi tokobagus, bukalapak, bekas, berniaga dan tempat jual beli online lainnya. Jika anda berpikir bisa berjalan barang anda melalui iklan gratis untuk selamanya, maka tulisan ini akan membuka pemahaman anda yang sedikit keliru.

Iklan Online gratis memiliki siklus hidupnya sendiri. Perhatikan baik-baik

 

TUJUAN UTAMA SITUS JUAL BELI GRATISAN

Setiap produk diciptakan melalui riset pasar. Setelah ketemu nilainya, untung ruginya, BEP-nya, peluang dan ancamannya barulah investasi ditanamkan. Tidak pernah ada produk yang dilemparkan dengan tergesa-gesa bisa mencapai kesuksesan. Tidak pernah ada orang yang mau bekerja untuk rugi, segalanya sudah melalui perhitungan yang teliti.

Tips membuat iklan supaya banyak dilihat dan menjualDemikian pula dengan tokobagus.com. Situs ini dibuat untuk menguntungkan pengelolahnya, bukan semata-mata untuk keuntungan anda saja.

Ketika anda memutuskan menggunakan toko bagus sebagai kendaraan bisnis anda, maka sebenarnya investasi dan waktu yang anda keluarkan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan membuat website sendiri.

Tetapi itulah manusia, sukanya yang gratis, yang cepat, yang mudah dan yang cepat balik hasil. Mereka melupakan tujuan jangka panjang dengan mengejar tujuan jangka pendek.

Saya tidak mengatakan bahwa Situs Iklan Gratisan itu tidak berguna, malahan sangat-sangat berguna buat saya selama ini. Barang-barang yang saya jual melalui tokobagus, bukalapak dan berniaga benar-benar laris manis. Untuk tujuan jangka pendek, anda benar-benar membutuhkan semua sumber daya gratisan yang ada. Tetapi untuk jangka panjang, anda akan kelelahan sendiri karena semua portal jual beli memiliki siklus hidupnya.  Ya, iklan gratis  yang anda pasang itu ada fase pengenalan – penjualan – mati ! Hanya dalam hitungan minggu saja.

Segmen pasar utama situs jual beli gratisan adalah end user atau konsumen akhir. Ada yang mau menjual barang bekasnya, ada juga yang mau menjual beberapa barang baru miliknya. Ada juga pemain kecil – kecilan yang menggantungkan hidupnya di sini. Mindset pengunjung  iklan gratisan sudah terbentuk sedemikian rupa. Jika anda berencana untuk menjual secara grosir di sini, persiapkan mental anda karena yang nawar sadis – sadis.

 

SIKLUS HIDUP IKLAN GRATISAN

Ada 3 tahapan yang  akan kita lalui jika memasang iklan gratis  online :

  1. Fase pengepul/makelar
  2. Fase konsumen
  3. Fase kematian

Siklus pertama iklan baris gratisanFase pengepul terjadi satu sampai dua hari setelah iklan kita muncul di internet. Para pembelinya adalah makelar. Pekerjaan mereka memang mencari barang murah, orang kepepet atau yang BU kemudian di jual kembali.

Ciri-ciri mereka adalah sms yang pendek-pendek, terkesan ngawur dan bertanya tentang hal yang sudah jelas tertulis di deskripsi iklan.

Para pengepul ini adalah tipikal pembeli yang menjengkelkan karena selalu berakhir dengan ketidak-jelasan. Biasanya diakhiri dengan tukar tambah, terima kasih buat infonya, tidak ada kelanjutannya setelah bolak-balik sms atau ditawar dengan harga pasar maling. Namanya juga makelar bro, jadi wajar saja mereka bersikap seperti itu !

Repotnya, ada beberapa end user di antara para pengepul ini. Jangan sampai terpengaruh oleh sikap menjengkelkan para pengepul ini, bisa-bisa konsumen anda tidak jadi beli karena kekasaran anda ! Jadilah pengiklan yang bijaksana, ketahuilah bahwa fase pengepul ini hanya berlangsung selama dua hari, maksimal tiga hari saja. Setelah itu si pengepul akan mencari korban lainnya. Bagi mereka, kecepatan adalah rejeki. Semakin cepat menebas barang, semakin untung mereka. Itulah sebabnya kenapa kita bisa mengetahui ciri-ciri mereka dari smsnya yang pendek-pendek.

Tahap kedua siklus hidup iklan gratis di toko bagusFase kedua adalah fase konsumen akhir, biasanya dimulai setelah iklan anda terpasang selama tiga hari. Saat inilah pertempuran anda sebenarnya dimulai, bagaimana mengubah pengunjung lapak anda menjadi pembeli.

Jika mereka menghubungi anda melalui sms, reply anda akan menentukan closing atau gagal. Jika mereka menghubungi anda melalui telepon, kesempatan closing anda lebih besar.

Jika mereka meng-add PIN Blackberry anda, maka kecil kemungkinannya mereka akan membeli.

Lamanya fase  penjualan ini tiga sampai empat hari. Jadi total waktu fase pertama dengan fase kedua adalah 6 hari. Setelah itu sms atau telepon yang masuk hanya sekedar menanyakan harga dan informasi lainnya. Ada satu atau dua yang mungkin membeli dari anda, tetapi persentasenya kecil. Iklan anda sudah memasuki fase terakhir, yaitu fase kematian.

Mengapa iklan bisa mati ? Sekalipun anda masih memiliki barang tersebut ? Itulah yang dinamakan perilaku konsumen. Ketika konsumen hendak membeli barang, dia akan memilih iklan terbaru, bukan iklan yang banyak dilihat atau iklan yang menarik. Semakin baru, semakin relevan pula isi iklan maupun harganya. Orang yang menelepon anda karena melihat iklan lama adalah orang yang lebih berniat mengecek harga daripada membeli !

Iklan gratis online anda sudah memasuki tahap kematianBerapa lama sebuah iklan dikatakan mati ? Satu minggu ! Memang ada penjualan,  tetapi sudah melewati puncaknya. Bayangkan, jika hidup anda tergantung pada iklan online gratisan ini ? Berapa banyak waktu yang anda buang untuk melakukan hal yang sama, berulang kali.

Jika anda tidak mau melakukan hal ini, ada orang lain yang mau melakukannya. Pemain lama mati, diganti pemain baru.

Pemain baru mati lagi dengan yang lebih fresh dan siap jual rugi. Demikian seterusnya siklus ini berlangsung, setiap hari, setiap jam dan setiap detik.

Inilah perlunya website toko online. Jika anda memiliki produk yang kontinu, memiliki produk yang sama dan dijual terus menerus, anda harus membuat toko online. Satu produk untuk selamanya, tidak terpengaruh oleh rentang waktu, tidak memiliki pesaing langsung dan kendali harga sepenuhnya di tangan anda. Pembeli tidak membandingkan harga anda dengan penjual lainnya.

 

KESIMPULAN

Setiap produk memiliki siklus hidunya sendiri-sendiri, ada yang satu minggu, ada yang dua minggu tetapi tidak ada yang lebih dari dua minggu. Semakin banyak dibutuhkan, semakin pendek umur iklannya. Semakin banyak pesaing, semakan pendek pula siklusnya.

Jika anda bijaksana, maka anda akan mengkombinasikan tujuan jangka pendek dan jangka panjang anda melalui iklan gratis dan toko online sendiri. Sudah waktunya untuk menyeriusi bisnis online anda, jangan setengah-setengah, anda harus all out. Karena ada orang lain yang sudah habis-habisan di bidang ini ! Persiapkan masa depan anda, mulai dari saat ini ! Silahkan hubungi saya untuk memperoleh pemahaman yang benar tentang bisnis online. Sukses selalu

Related Content