Solusi Unik Google Panda dan Pinguin

Update demi update yang dilakukan Google mungkin membingungkan kita. Kami sudah memenuhi TOS Google, kami tidak melakukan Black Hat SEO, kami tidak melakukan Spam, tidak membeli link, tidak menggunakan program query. Kami bersih, 100% White Hat SEO, tetapi mengapa website kami terlempar ke halaman belakang. Sebaliknya, web gratisan yang menggunakan blogspot atau wordpress, yang isinya kopas semua malah muncul di halaman pertama, nomer 1 di SERP (Search Engine Rangking Position). Apa yang terjadi dengan dirimu Google ?

Berpikir terbalik untuk mengetahui penyebab penurunan traffic website

 

Berpikir Terbalik Pasca Pinguin Dan Panda

Mana yang lebih mudah ? Menentukan website yang baik atau web yang jelek ? Menentukan web spam atau web asli ? Original Content atau Konten Kopas ? Jauh lebih mudah memunculkan konten hasil kopas daripada konten asli karena isinya yang mirip, jumlah kata yang relatif sama dan struktur kalimat yang beti (beda tipis).

Mungkin itulah sebabnya, 90% website yang berbobot terlempar jauh ke belakang alik-alih digantikan dengan web kopas. Bagaimana mungkin wordpress yang gratisan bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian Google ? Kami tidak terima ! Kami mencari, tetapi tidak menemukan kesalahan teknik SEO kami. Parahnya, sudah gratisan isinya iklan di above the fold area.

Tetapi, beberapa hari ini, ketika kami mencoba melakukan pengetesan kembali terhadap hasil pencarian Google. Kami menemukan hasil yang berbeda, seperti yang anda lihat di bawah ini :

Apakah anda menemukan keanehan dalam gambar ini ?

Jika anda masih belum melihat keanehan dari screenshot yang saya ambil pada 13 Juli 2012  di atas, maka lihatlah sekali lagi gambar di bawah ini :

3 perubahan update Google Panda dan Pinguin terbaru

No. 1, dengan keyword “Cara Membuat Blog Gratis di WordPress” seharusnya hasil pencarian yang muncul di Google adalah blog wordpress. Keyword ini benar-benar spesifik tentang wordpress. Keyword kedua yang juga berhubungan erat dengan wordpress adalah Gratis. Tampilan halaman pertama seharusnya dikuasai oleh blog dari wordpress, tetapi hanya muncul satu atau dua saja. Bagaimana dengan halaman kedua dan ketiga ? Sama saja, hanya ada dua atau tiga blog wordpress yang muncul.

No.2, dilihat dari teknik SEO tradisional, afatih.wordpress.com kurang SEO Friendly. Tidak ada Meta Description dan Meta Keyword yang merupakan standar SEO. Dilihat dari kenyamanan, halaman ini tidak didukung dengan gambar sama sekali. Artikelnya ditulis secara natural dan enak di baca. Tidak ada keyword yang “dipaksakan” untuk masuk kedalam tulisannya.  Secara disain dan SEO, blog ini tidak menarik. Tetapi mengapa bisa muncul di halaman pertama urutan ke-2 dari 2.440.000 halaman yang terindex di google ?

Jawabannya cuman satu, websitenya menjawab pertanyaan “Cara membuat blog gratis di WordPress.” Anda akan menemukan, benar-benar menemukan, cara membuat blog  di WordPress melalui artikel ini.

No.3, sudah lama sekali kami tidak menjumpai blog gratisan blogspot yang muncul di halaman pencarian Google. Tetapi sekarang ini, mulai beberapa hari yang lalu, jumlah blogspot yang muncul lebih banyak daripada jumlah wordpress. Jumlah pengguna wordpress jauh lebih banyak daripada blogspot, bisa 1 berbanding 1.000. Saya sendiri lebih suka menggunakan wordpress daripada blogspot karena lebih lengkap fiturnya, seharusnya alasan saya mewakili jutaan pengguna wordpress lainnya untuk tidak memilih  menggunakan blogspot. Sisi negatifnya, wordpress ini lebih banyak memiliki blog copy-paste daripada blogspot.

 

Kejeniusan Si Panda dan Si Pinguin

Hanya dalam waktu beberapa hari saja, web gratisan yang isinya hasil kopi-paste lenyap dari hasil pencariaan Google. Yang jelas kelihatan adalah wordpress dan blogspot.

Teknik SEO lama sudah tidak berlaku lagi pasca Google Panda dan PinguinSebelumnya, halaman pertama dipenuhi dengan wordpress yang isinya kopas. Sekarang 90% hilang dari peredaran. Coba buka halaman pertama dan halaman kedua, hanya ada 1-2 blog wordpress.

Sekalipun gratisan, blog tersebut menambahkan nilai bagi pembacanya. Alias blog itu unik dan original konten. Memang ada beberapa yang lolos, tetapi hasilnya sudah menggembirakan,  ke arah perbaikan.

Alogaritma Google Panda dan Pinguin terbaru ini benar-benar di luar dugaan kita semua. Prosesnya dibalik, yang jelek dimunculkan di depan dan yang baik dimundurkan ke belakang. Memang jauh lebih mudah men-filter blog kopas daripada blog konten asli. Jumlah peng-kopas jauh lebih banyak daripada penulis aslinya. Daripada mencari jarum dalam jerami, lebih baik jeraminya dibakar saja. Setelah habis, jarumnya pasti ketemu karena jarum tahan panas daripada jerami. Jarum tidak hangus terbakar, yang terbakar adalah jeraminya.

 

KESIMPULAN

Google berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi penggunanya. Google tahu, bisnis internet tidak akan pernah mati. Potensi bisnis ini sangat besar. Google tidak mengambil jalan singkat, jalan mudah dan jalan haram karena kepuasan penggunanya adalah pundi-pundi emas Google. Menampilkan SERP yang relevan dengan keyword adalah tujuan Search Engine ini. Anda harus percaya dengan mereka.

Kami membuat website untuk perusahaan andaSebaliknya, apa yang akan kita lakukan ?Tetap men-copy paste artikel berarti menjadi musuh Google. Anda mungkin bisa mengakali si Panda dan si Pinguin untuk saat ini, tetapi ketahuilah bahwa website anda adalah target utama Google.

Ketika Google menemukan situs anda dan mendelete dari index database mereka… maka hidup anda, pekerjaan anda dan masa depan anda berhenti saat itu juga.

Tidak ada yang bisa anda perbuat dengan hal ini. Website anda memang masih aktif, tetapi tidak akan muncul di Google. Pilihannya adalah berhenti bisnis Internet atau mulai dari Nol lagi. Bayangkan….usaha anda selama bertahun-tahun…sekarang sudah di Go To Hell !

Kami tidak menakut-nakuti anda. Kami hanya mengingatkan saja. Keputusan ada di tangan anda ! Menjadikan Google sebagai teman atau lawan ? Sukses untuk anda !

Related Content