Sumber Traffic / Asal Pengunjung Website Perusahaan

Tiga sumber traffic website

Pengunjung website perusahaan kita dapat dibagi menjadi tiga bagian besar, yaitu :

  1. Search Engine
  2. Refferal
  3. Direct Traffic

Search Engine atau sering disebut juga Organic adalah traffic yang berasal dari Google, Yahoo, Bing dan mesin pencari lainnya. Refferal traffic adalah pengunjung yang masuk melalui Facebook, Google plus, blog orang lain atau iklan di internet. Sedangkan Direct Traffic adalah pengunjung yang masuk dengan mengetikkan alamat website kita, bisa melalui brosur yang kita sebarkan secara offiline atau email online.

 

CARA MELIHAT TRAFFIC WEBSITE

Ada dua cara untuk melihat traffic website kita:

  1. Melalui Awstats yang terintegrasi dalam hosting
  2. Melalui Eksternal Tool, misalnya Google Analytics

Umumnya, fitur Awstats ini sudah terdapat dalam Control Panel hosting kita. Melihat sumber pengunjung melalui Awstats sangat mudah, anda hanya perlu masuk ke Cpanel kemudian memilih menu Awstats dan langsung terlihat data pengunjung website perusahaan kita. Data yang ditampilkan 90% akurat. Kami biasanya menggunakan fitur ini karena kemudahan dan kesederhanannya.

cara melihat traffic website dengan google analyticsJika anda ingin menambahakan tool eksternal untuk melakukan analisa, kami menyarankan untuk menggunakan Google Analytics karena tool ini gratis. Anda perlu memasukkan script atau kode pada tiap-tiap halaman website anda. Keuntungan menggunakan GA ini adalah multi user dan tidak perlu memberikan data penting (password dan username hosting) kepada orang lain. Anda akan mendapatkan fasilitas ini jika membuat website di tempat kami secara gratis.

 

KEUNTUNGAN MENGETAHUI TRAFFIC WEBSITE

Mengetahui keyword yang penting bagi website anda. Misalkan 10% asal pengunjung anda dari keyword “manfaat minyak zaitun” maka tembaklah keyword “khasiat minyak zaitun” untuk meningkatkan traffic website anda sekaligus menjaga posisi anda di halaman satu untuk keyword “manfaat minyak zaitun”

Mengatur strategi promosi dan penjualan. Strategi penjualan melalui organic traffic tidak sama dengan refferal traffic. Sekalipun tujuannya sama tetapi cara yang digunakan harus berbeda. Anda harus berhati-hati karena bisnis anda adalah bisnis satu klik saja. Pesaing anda berada satu klik di depan atau di belakang anda. Jika selama ini penjualan anda 80% melalui Facebook (refferal traffic), maka anda perlu menggalakan promosi melalui search engine (organic traffic).

Melihat perkembangan dan melakukan evaluasi. Ketika anda menginvestasikan, sudah sewajarnya anda mengharapkan keuntungan. Ketika anda melakukan updtae website maka anda hanya bisa melihat perubahannya dari data traffic ini. Apakah strategi anda berhasil atau gagal. Anda bisa memanfaatkan fasilitas A/B Testing dari Google Analytics atau fasilitas Conversion Goals.

cara meningkatkan traffic dengan menggunakan data pengunjung

KESIMPULAN

Memiliki perusahaan online serupa dengan perusahaan nyata. Anda harus melihat, menganalisa, dan memenuhi kebutuhan konsumen. Bedanya, anda tidak berinteraksi langsung dengan pelanggan online anda, tidak ada komplain, tidak ada marah-marah dan juga tidak ada kritik dan saran yang mendesak. Tiba-tiba saja website anda mati dan terkubur dalam dunia internet.

Disiplikan diri anda untuk melihat dua kali sebulan website perusahaan anda, tiap awal dan akhir bulan.  Buatlah strategi promosi berdasarkan data - data ini.

Related Content