Tentang Google Pinguin 2.0

Pinguin adalah nama perubahan cara peng-index-an yang dilakukan Google pada tanggal 24 April 2012 lalu. Bagaimana Google men-scan internet, mengelompokan berdasarkan kriteria tertentu dan mengurutkannya. Pendeknya, cara SEO yang dikenal orang selama ini sudah tidak bisa digunakan lagi. Yang terluput dari pengamatan orang adalah masalah waktu. Update database adalah proses yang cepat atau lambatnya tergantung dari jumlah data yang dimiliki Google. Berapa data yang dimiliki oleh Google ? Dan kapan selesainya ? Tidak ada yang tau pasti tentang kedua hal ini. Yang kami tahu pasti sangat-sangat besar sekali.

Akibat Google Pinguin

 

PENGALAMAN RECOVERY DARI GOOGLE PANDA

Panda adalah nama update yang dilakukan Google pada tahun 2011, tepatnya pada akhir bulan Feburari – April  2011. Google Panda bertujuan “menghukum” low quality website yang berisi spam dan berputar-putar tanpa ada juntrungnya.

Kabar buruknya, 80% website yang ada di Internet terkena dampak update alogaritma ini. Mulai dari website besar yang sudah terkenal hingga website kecil yang hanya berisi beberapa halaman saja. Dunia SEO sangat terguncang saat itu. Penjualan merosot, website yang dulu muncul di halaman pertama tergeser hingga halaman kedua, bahkan ada yang hilang entah ke mana.

Kami mempunyai pengalaman menarik terkait dengan Google Panda ini. Sekalipun sudah memperbaiki salah satu website yang terkena akibat update alogaritma ini tetapi tidak kunjung pulih.  Kami mencari tetapi tidak menemukan di mana kesalahannya, pada akhirnya kami menyerah.

Dampak Google Panda

Kami biarkan website itu apa adanya setelah tidak lagi menemukan hal-hal yang melanggar aturan Google Panda. Tidak ada yang bisa kita lakukan karena kita adalah karyawannya Google. Kalau bos mau merubah aturan main ya kita harus mengikutinya, bos berhak memberi penghargaan atau memberi hukuman kepada siapa dia menghendakinya. Kita hanya perlu melakukan apa yang diperintahkannya, menuruti aturan-aturannya dan tetap tenang.

Peraturan utama Google sama sejak dulu, “Berikan yang terbaik untuk pengunjung anda, bukan untuk search engine.  Alogaritma akan berubah setiap waktu, jika anda berpatokan pada kepuasan pengunjung maka website anda akan aman !

Website yang kami buat berorientasi pada kemudahan navigasi, membantu pengunjung menemukan apa yang dicarinya dan memudahkan search engine mengkategorikan setiap halaman website yang kami buat. Lebih baik mendapatkan sedikit pengunjung yang potensial daripada banyak pengunjung yang tidak potensial. Selama “Holy Grail” itu dipenuhi, kita harus memiliki keyakinan bahwa website kita akan menghasilkan pada waktunya. Segala sesuatunya butuh proses ! Hasil instan memang ada (menggunakan Black Hat SEO), tetapi resikonya website anda akan dibuang dari index Google ! Artinya, usaha anda selama ini sia-sia dan harus memulai dari nol lagi !

 

KESIMPULAN

Update Google Pinguin masih relatif baru berjalan 3 bulan, mulai 24 April 2012 lalu. Apakah proses update database bisa berjalan selama itu ? Dari pengalaman dengan Panda lalu, akibat terhadap website di Indonesia baru terasa tiga bulan setelahnya.

Bisa saja saat ini proses update database Google Pinguin sedang berjalan di Indonesia. Bisa saja tidak. Yang bisa kita lakukan saat ini hanya menyesuaikan website kita dengan aturan si Pinguin dan menunggu perkembangan selanjutnya. Menunda jasa SEO mungkin alternatif yang paling baik saat ini.

Related Content