Terkena Google Panda atau Google Pinguin ?

Perbedaan Panda dan Pinguin update

Bulan April - Mei - Juni 2012 adalah bulan terberat bagi webmaster dan SEO karena bertubi-tubi dihantam oleh update alogaritma Google. 80% traffic website turun tajam, yang menjengkelkan lagi, website – website gratisan yang isinya hanya sekilas dan terkadang kopas muncul di halaman pertama. Ilmu SEO sudah tidak berlaku lagi, tidak usah membuat website perusahaan. Hosting saja di Blogspot atau di WordPress, dengan cepat anda akan jadi nomer satu di Google !

Mengapa traffic anda turun ? Apakah terkena update Panda ? Atau Pinguin ? Salah mengidiagnosa penyebabnya malah membuat website anda terlempar lebih jauh dari peringkat Google. Jika anda menyangka penyebanya adalah update Pinguin, maka perhatikan baik – baik tanggal peng-update-an Google di bawah ini :

  • 19 April 2012 : Panda Update
  • 24 April 2012 : Pinguin Update
  • 27 April 2012 : Panda Update

 

Google PINGUIN atau Google PANDA ?

Untuk mengetahui penyebab turunnya traffic website perusahaan, maka anda harus melihat data website anda, bisa menggunakan Google Analytics atau Google Webmaster Tool.  Lihat traffic  pada tanggal tersebut. Apakah ada perubahan (penurunan) ?

Jika terjadi penurunan traffic pada tanggal 19 atau 20 April 2012, berarti anda terkena Google Panda. Jika traffic menurun tajam pada tanggal 24 April 2012, berarti anda terkena si Pinguin. Bisa saja pada kedua tanggal tersebut pengunjung website anda menurun tajam karena anda terkena update Panda sekaligus Pinguin.

 

terkena google panda

Data website salah satu klien kami menunjukan penurunan traffic  pada tanggal 27 April 2012. Artinya penurunan website kami karena update Panda, bukan Pinguin ! Jika kami salah mendiagnosa masalah dengan Pinguin, maka makin tenggelamlah peringkat kami di search Engine.

 

KESIMPULAN

Untuk dapat memberikan obat yang tepat, terlebih dulu harus tepat dalam menganalisis masalahnya. Jika permasalahannya adalah update Google Panda, maka anda harus memperbaiki/menghapus halaman yang pendek, tidak berkualitas, hasil kopas dan low quality. Sebaliknya jika karena update Google Pinguin, berarti anda harus menghapus keyword stuffingcloackinglink schemesdan duplicate content.

Temukan dulu penyebab penurunan website anda, Panda atau Pinguin ? Dan segera perbaiki !

Related Content