Website dan Komunitas Online

Alasan utama membuat thread di Kaskus, komunitas online terbesar di Indonesia

Komunitas online yang saya maksudkan di sini adalah Kaskus, TeknoUp, Kompasiana, Indowebster dan forum gratis lainnya. Komunitas online berbeda dengan toko online karena kegiatan yang mereka lakukan lebih dari sekedar jual – beli barang dan jasa. Mereka membagikan pengalamannya, bertanya, berteman dan kadang kopi darat. Komunitas ini unik sekaligus merupakan pasar potensial untuk produk kita. Bagaimana menghubungkan website perusahaan dengan komunitas-komunitas online ini ?

 

TENTANG KOMUNITAS ONLINE

Kaskus adalah komunitas online terbesar di Indonesia. Hampir semua netter mengenal kaskus, atau paling tidak pernah mendengar kaskus. Ada ratusan topik yang akan anda temukan di sini, mulai dari humor, cinta, curhat, jual – beli, sampai tanya – jawab masalah sehari-hari.  Siapapun anda, saya yakin pasti menemukan komunitas yang sesuai dengan hobby anda di kaskus.

Semua perusahaan bisa masuk ke dalam kaskus dan menemukan komunitas untuk produk merekaKomunitas online berbeda dengan forum jual beli online. Atinya TokoBagus.com beda dengan Kaskus.com, sekalipun sama – sama forum online gratisan. Sekalipun sama-sama memiliki aturan permainan, namun caranya berbeda. Kesalahan umum yang sering dilakukan orang adalah menyamakan caranya berjualan produk. Cara mereka berjualan di TokoBagus di terapkan di Kaskus atau sebaliknya cara menjual barang di Kaskus diterapkan di TokoBagus.

Biasanya Newbie langsung tabrak bikin thread jual-beli dan akhirnya meninggalkan Kaskus dengan putus asa sambil menggerutu, “Jualan di KasKus mbo jay ! Nawarnya kayak pasar maling lagi !” Yah itulah yang akan anda alami jika membawa cara berjualan Toko Bagus ke Kaskus !  Tetapi jika background anda dari Kaskus, anda hanya perlu belajar sedikit saja supaya bisa berjualan di Toko Bagus karena anda sudah memiliki mental kesabaran yang kuat.

Setiap komunitas memiliki spesialisasinya sendiri-sendiri. Tidak semua produk cocok dijual di semua komunitas online. Anda akan mengetahui komunitas yang cocok untuk produk anda setelah melakukan trial and error. Anda bisa menjual apa saja melalui kaskus, tetapi hasilnya akan lebih maksimal jika komunitasnya tepat.

Sama halnya dengan forum jual beli gratisan di internet. Masing-masing memiliki spesialisnya, untuk berjualan komputer akan lebih tepat jika masuk di bekas.com, apalagi jika lokasi anda di Surabaya. Lebih maknyus ! Jika anda hendak berjualan atau membeli sepeda dan peralatannya, carilah di BukaLapak.com. Jika produk anda lebih umum, cobalah di TokoBagus.com. Jika hendak menjual mobil anda, silahkan masuk ke Berniaga.com.

Perhatikan spesialisasi komunitas online yang anda masuki, jika tepat maka hasilnya akan meledak

 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KOMUNITAS ONLINE

Komunitas Online itu terbuka, siapa saja boleh masuk dan keluar, setiap saat, dimanapun mereka berada. Kelebihannya adalah traffic sementara kekurangannya juga adalah traffic. Nah loh… bingung kan !

Kita tidak tahu identitas masing-masing pengunjung lapak kita, tidak pernah bisa tahu maksud mereka sebenarnya. Apakah mereka bertujuan membeli, mengecek harga, menguji keseriusan kita atau merusak dagangan kita. Salah menafsirkan komentar mereka bisa berakibat fatal. Yang niatnya membeli anda abaikan sedangkan yang bermaksud mengacau anda layani. Tidak ada patokan pasti, anda harus melayani mereka semua. Pembeli anda layani dengan baik, demikian pula si perusak lapak.

Semakin besar komunitasnya, semakin sengit pula persaingannya. Akan ada yang namanya perang harga dan saling menjelekan. Jika anda pikir bahwa anda satu-satunya orang yang menjual barang unik maka anda salah. Mungkin saja anda supplier nomer 1 di Surabaya,  tetapi Internet adalah dunia tanpa batas. Anda memang jadi raja di kota ini, tetapi jangan lupa bahwa masih ada Jakarta, Jogja, Denpasar, Singapura dan negara Cina ! Semuanya bisa masuk ke Kaskus dan siap perang dengan anda !

Pembeli memang banyak, demikian pula dengan penjualnya. Itulah pedang bermata dua di komunitas online !

Perang memiliki satu aturan utama, yaitu tidak ada aturan. Apa saja boleh dilakukan untuk memenangkan peperangan. Boleh menggunakan cara yang halus, boleh juga cara yang kasar. Boleh memfitnah, boleh juga menggunakan komplain pembeli palsu. Sasaran sebenarnya adalah menghancurkan reputasi anda di komunitas itu karena itulah satu-satunya kelebihan anda dalam persaingan di komunitas. Jaga baik – baik ID anda ! Jangan terpancing dan jangan memancing. Berperang tidak ada untungnya, sekalipun anda pemenangnya, karena kedua belah pihak sama-sama ruginya.

Cara sukses berjualan di komunitas online khususnya KaskusWaktu adalah satu-satunya faktor penentu kesuksesan anda dalam komunitas. Dengan waktu anda akan memperoleh kepercayaan komunitas. Dengan waktu pula anda akhirnya menghasilkan penjualan. Pendeknya, tidak ada jalan singkat menjadiRecommended Seller di komunitas online. Berapa lama ? Setidak – tidaknya 3 – 6 bulan menseriusi lapak dagangan anda. Kenapa bisa lama ? Karena kepercayaan dibangun oleh waktu, dan itulah satu-satunya modal bisnis online.

 

MENGHUBUNGKAN WEBSITE DENGAN KOMUNITAS ONLINE

Saya sudah memiliki website sendiri. Apakah saya perlu masuk ke komunitas online seperti Kaskus, Indowebster atau Kompasiana ? Terserah anda, masuk ke komunitas online itu baik. Tidak masuk juga tidak apa – apa. Sesuaikan dengan waktu yang anda miliki. Lebih baik tidak masuk ke komunitas sama sekali daripada membuka lapak tetapi akhirnya tidak terurus.

Mengapa perusahaan kami harus membuka lapak di komunitas online ? Kami kan sudah memiliki website sendiri. Apa untungnya menghubungkan website dengan komunitas ?

startegi pemasaran produk secara onlinePertama, perluasan pasar. Tidak semua orang bisa mencari barang melalui internet. Parahnya ada yang menyamakan internet itu dengan tokobagus.com atau kaskus.com. Anda harus menyadari bahwa tidak semua orang memiliki pengetahuan yang sama dengan yang anda miliki. Tiap – tiap daerah memiliki budayanya sendiri, dan tiap – tiap orang memilih dunianya sendiri.

Ada yang tiap kali membuka komputer hanya mengunjungi facebook saja. Ada juga yang menghabiskan waktunya di Kaskus saja. Istri saya malah detik.com tiap kali membuka tabletnya.

Kita tidak tahu siapa yang membutuhkan produk kita jika tidak meng-eksplorasi pasar. Meminta pembeli untuk keluar dari zona nyaman mereka dan memaksanya membeli produk kita adalah strategi pemasaran anak kecil. Semua marketer tahu bahwa penjual-lah yang harus memasuki benak pembeli, bukan sebaliknya.

Jelaskan produk anda, saya yakin hal ini sudah anda lakukan. Tetapi jangan berhenti di sana, eksplor pikiran anda dan tambahkan manfaat produk anda. Untuk siapakah produk anda itu. Orang yang suka berpergian kah ? Orang yang setiap harinya di kantor kah ? Atau untuk orang yang bekerja sebagai marketing ? Tulislah kemudahan -  kemudahan yang akan mereka dapatkan jika menggunakan produk anda.

Bangun komunitas anda di FacebookFungsi membuka lapak di komunitas adalah pemasaran produk. Dan anda harus tahu bahwa penjualan itu tidak sama dengan pemasaran.

Penjualan produk adalah salah satu aktifitas pemasaran.  Ada yang namanya riset konsumen, segmentasi, perilaku pembelian, branding dan lainnya.

Ketika anda berhasil membidik key person dalam komunitas maka selamat, produk anda akan meledak ! Komunitas adalah penjualan masal, bukan penjualan eceran.

Kekuatan komunitas adalah branding, dengan mereka merk anda akan terangkat atau bisa juga tenggelam. Ketika merk anda terkenal, maka penjualan akan menjadi mudah, baik secara online maupun offline.

Dari sisi biaya, branding online itu relatif murah. Yang dibutuhkan adalah ketekunan dan kesabaran, bukan budget yang besar. Yang dibutuhkan adalah kreatifitas dan eksplorasi. Saya tahu anda memiliki semua itu. Mulailah dari sekarang, semakin cepat, semakin baik hasilnya.

Ketiga, komunitas adalah pusat informasi dan riset pasar.  Jangan pernah berpikir bahwa produk yang perusahaan anda ciptakan atau jual sudah sempurna. Anda harus melihat dari sisi konsumen. Dalam komunitas online, anda bisa menarik simpati key person dengan memberinya sample produk anda dan meminta menulis review mereka secara jujur. Apa kelebihan produk anda dan apa pula kekurangannya. Ide dan sudut pandang mereka akan menjadi masukan yang berharga demi kesuksesan produk perusahaan anda.  Mana ada biaya riset pasar semurah ini ?

 

KOMUNITAS BLACKBERRY

Keberadaan Blackberry di Indonesia merupakan fenomena dunia. Di saat popularitas smartphone besutan RIM ini menurun drastis di seluruh dunia, penjualan BB di Indonesia meningkat drastis. Paling tidak saya memiliki dua analisa bisnis tentang fenomena ini.

Keuntungan menghubungkan blackberry dengan websitePertama, perkembangan teknologi informasi yang cepat di Indonesia. Dalam waktu kurang dari dua tahun, biaya akses internet menurun drastis disertai dengan maraknya ponsel murah buatan Cina. Hanya dengan 50 ribu rupiah sebulan anda sudah bisa browsing internet. Jauh lebih murah dari karcis parkir yang kita sehari-harinya. Dengan 400 ribu rupiah anda sudah memiliki HP Cina canggih, touchscreen dan sudah 3G, wifi, plus TV lagi !

Faktor kedua adalah budaya bangsa Indonesia yang milih keren daripada kebutuhan. Yang penting tampak sukses, masalah fungsinya Blackberry itu seperti apa menjadi urusan nanti. Ketika tetangganya pake Blackberry Dakota, maka dalam waktu sekejab, seisi kampung Dakota’an semua, padahal belum tentu fitur-fiturnya dibutuhkan. Istilahnya, masyarakat kita begitu mudah mengikuti tren, apalagi masyarakat pedesaan.

Faktor lainnya adalah penggunaan Blackberry yang relatif mudah. Bahkan orang gaptek sekalipun akan cepat familier dengan menu Blackberry. Generasi tua yang notabene memiliki kemampuan membeli tak mau ketinggalan gengsi memiliki Blackberry. Mereka mau bisa chatting, kirim email, browsing dan facebook’an. Hebatnya, keinginan ini dapat dipenuhi melalui Blackberry. Maka meledaklah penjualan Blackberry ini !

Apakah komunitas Blackberry ini termasuk komunitas online yang perlu diperhitungkan ? YA ! Bagaimana caranya ? Belilah satu Blackberry khusus untuk website anda. Cantumkan PIN anda di halaman Contact Us !

Memisahkan Blackberry pribadi dengan Blackberry perusahaan itu penting karena masalah foto profil dan update status. Akan tampak tidak profesional jika Blackberry perusahaan anda statusnya Family Time atau gambar lucu-lucu anda. Padahal anda bisa menampilkan foto produk terbaru anda di Blackberry perusahaan. Saya rasa investasi di Blackberry sangat masuk akal untuk perusahaan sekelas anda. Silahkan mempelajari study kasus tentang cara menghubungkan Website dengan blackberry yang pernah saya lakukan.

 

KESIMPULAN

Memasuki komunitas online adalah hal pertama yang harus anda lakukan untuk memperluas pasar anda. Jika anda sudah menguasai teknik ini maka langkah berikutnya adalah menciptakan komunitas anda sendiri. Itulah keunggulan kompetitif yang tidak bisa digoyangkan oleh pesaing anda.

Ya, saya bisa membantu anda membuat website yang menjual. Bukan sekedar punya website saja. Background saya adalah ekonomi manajemen. Ada yang namanya perencanaan, eksekusi, monitor dan evaluasi.  Website hanyalah sebuah alat yang bila digunakan secara tepat akan menghasilkan penjualan yang menajubkan, jika anda tahu caranya….

Related Content