Perbedaan Website Untuk Grosir dan Website untuk Eceran

Cara menjual grosir berbeda dengan menjual secara eceran. Begitu pula dengan website perusahaan anda

Website adalah sebuah toko. Perbedaan utama adalah lokasinya. Yang satu nyata, lainnya maya. Yang satu terletak di jalan X nomer Y, lainnya berdasarkan IP address. Satunya bisa disentuh, dipegang dan dirasakan, lainnya hanya bisa dilihat dan dibayangkan. Bagaimanapun juga website adalah sebuah showroom, inilah konsep utama bisnis internet yang sering dilupakan. Mengabaikan hal mendasar ini akan berakibat fatal !

 

PENJUALAN GROSIR ATAU PENJUALAN ECERAN ?

Mari kita asumsikan anda sedang mencari kamera CCTV untuk sistem keamanan perusahaan. Anda membuka Google dan mulai mencari jenis-jenis CCTV yang ada di pasaran. Ada berbagai macam merk mulai dari Sony, Panasonic, Avtech, Vivotek, Samsung dan puluhan merk lainnya. Anda mencari perbedaan masing – masing merk, kelebihan dan kekurangannya, mungkin beberapa review dari blogger yang pernah memakai kamera merk tertentu.

Setelah mendapatkan informasi dan membaca review yang meyakinkan anda akhirnya memutuskan satu merk, anggap saja Avtech. Teman BBM anda pun menyarankan memakai Avtech, jadi pakai merk ini aja karena terkenal jadi pasti baik kualitasnya.

Berikutnya adalah harga. Berapa harga paling murah di Internet untuk tipe KPC 133 ? Hmm… harganya bervariasi untuk web satu dengan web lainnya, malahan ada beberapa website yang tidak mencantumkan harganya. Karena anda tipe orang yang suka melihat dan memegang secara langsung maka anda membatasi lokasi pencarian anda, anggap saja khusus penjual di kota Surabaya.

Jika anda membutuhkan satu atau dua biji saja, maka anda akan menghubungi penjual dengan harga termurah. Sebaliknya jika kebutuhan anda 10 biji, maka anda akan mencari penjual yang pelayanannya baik, anda lebih menekankan hubungan jangka panjang. Mungkin anda akan curiga dengan harga yang terlalu miring, jangan-jangan barang palsu atau penipuan ! Pendeknya ada faktor lain yang mempengaruhi keputusan anda.

Lain anda, lain juga orang yang membeli untuk dijual kembali. Mereka akan mencari website distributor Avtech karena tahu harga yang ditawarkan relatif lebih murah dari harga termurah di internet. Biasanya website distributor tidak mencantumkan harga karena mereka memfokuskan pada penjualan grosir. Faktor lainnya adalah garansi. Garansi adalah manajemen resiko, meminimalkan resiko atas barang cacat produksi dan demi kepuasan pelanggan.

Apa yang mempengaruhi keputusan konsumen online ?Apakah pembeli bisa mengetahui segmen dari website – website yang dilihatnya ? Apakah pembeli tahu bahwa web A ini menjual secara eceran dan web B menjual secara grosir ? YA , mereka tahu ! Paling tidak, seiring dengan berjalannya waktu mereka bisa menebak segmentasi sebuah website.  

Anda menipu diri sendiri jika mengabaikan kebenaran ini.

 

FOKUS ! JANGAN SERAKAH !

Pertanyaan pertama yang sering saya ajukan kepada calon klien adalah, “Produk yang akan anda jual di website itu eceran atau grosir ?

Kebanyakan menjawab bisa eceran dan bisa grosir. Dari sini saya mengetahui bahwa mereka tidak memiliki pemahaman yang benar tentang penjualan online. Mereka berpikir yang penting buatkan saya website yang bisa menjual produk saya. DAN JANGAN MAHAL – MAHAL !

Prinsip menjual secara eceran dengan menjual grosir itu beda. Margin laba menjual satuan lebih besar daripada grosir karena itu pengecer memperbanyak variasi produknya sementara distributor memperbesar omzetnya.  Mengecer membutuhkan tempat yang luas dan nyaman sementara distributor mementingkan harga rendah.  Target pengecer adalah konsumen akhir sementara target distributor adalah agen. Semua pengusaha paham benar dengan konsep ini. Mereka tidak akan bertindak bodoh menyamakan cara mengecer dengan mengrosir

Namun ketika mereka dihadapkan dengan bisnis online, konsep penjualan eceran dan penjualan grosir ini hilang entah ke mana. Pokok’e buatkan saya website yang bisa menjual produk saya…. dan yang murah !

 

MASALAH YANG AKAN DIHADAPI

Beberapa masalah yang sering terjadi karena mengabaikan konsep eceran dan grosir :

Sukses bisnis Internet adalah dengan fokus pada satu segmen pasarWebsite anda tidak memberi hasil optimal karena tidak memiliki segmen spesifik. Mari kita lihat realita internet.

Jika anda pikir ide membuat website perusahaan anda adalah ide fresh dan luar biasa maka ketahuilah bahwa anda sudah ketinggalan bertahun-tahun dari pesaing anda. Internet tidak memiliki batas ruang dan waktu. Siapa saja, dimana saja dan kapan saja bisa mengakses internet dan membuat website.

Sudah ada yang menjual produk anda di internet, sudah ada yang mencoba ide anda dan meralisasikannya. Ketika anda memutuskan memasuki pasar eceran sekaligus grosir maka anda menjadikan mereka semua musuh anda.

Persaingan di Internet itu keras, hanya beda satu klik saja. Pesaing anda bukan hanya orang  yang menjual produk yang sama. Pesaing anda adalah produk merk lain, produk alternatif. Pesaing anda bukan toko sebelah anda, pesaing anda adalah kota lain atau negara lain. Pesaing anda adalah semua orang yang bisa mengakses internet atau membuat website. Bisa saja seorang mahasiswa atau sebuah perusahaan besar. Anda tahu, tidak ada persaingan yang adil di dunia usaha ! Bayangkan saja seberapa sengit persaingan online itu !

Pelan – pelan website anda akan mati. Tidak pernah ada seorang pengusaha yang berpikiran membuka toko dan seketika itu menghasilkan keuntungan. Anehnya, aturan ini seakan - akan tidak berlaku di bisnis online.

Memang benar pasar internet itu luas ! Tetapi anda melupakan persaingannya.

Website membutuhkan proses. Ada tahap riset pasar, strategi memasuki pasar, analisa perilaku konsumen dan segala yang anda ketahui tentang bisnis. Ini hanya tahap perencanaan saja, masih ada strategi promosi, menyiapkan sumber daya yang dibutuhkan, evaluasi kinerja serta revisi. Perjalanan sebuah website itu panjang namun rewardnya besar.

Website pasti menghasilkan, hanya masalah waktu saja. Jika anda mengikuti urutannyaJika anda setengah – setengah memasuki pasar online, lebih baik tidak sama sekali karena pesaing anda siap tempur menggunakan semua sumber daya mereka. Jika anda berpikir tentang modal maka anda tidak memahami faktor kesuksesan bisnis online.

Faktor utama yang menentukan keberhasilan anda adalah kreativitas, bukan modal. Tanyakan pertanyaan yang tepat tentang bisnis anda dan lakukan.

 

KESIMPULAN

Jawaban atas pertanyaan jenis website yang cocok dengan perusahaan anda terletak pada apa yang sudah anda lakukan selama ini. Jika anda penjual eceran buatlah sebuah toko online. Sebaliknya jika anda menjual grosir, buatlah website distributor. Jangan memasuki pasar yang persaingannya tidak bisa anda menangkan.

Kuasai pasar anda terlebih dulu dan jika memungkinkan untuk melangkah ke tahap berikutnya, persiapkan dengan matang. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan saya tentang jenis website yang cocok untuk usaha anda. Silahkan mengirimkan email atau menghubungi nomer telepon yang bisa anda temukan di halaman ini. Sukses untuk anda.

Related Content