Website Toko Online atau Toko Bagus Gratisan ?

Banyak cara menjual barang secara online,  tetapi pada intinya hanya terbagi dua saja.  Menjual melalui web toko online atau  melalui portal jual beli gratisan ? Cara mana yang lebih menghasilkan dan bertahan hingga jangka panjang ? Apa kelebihan dan kekurangan masing-masing cara ? Dan cara mana yang paling tepat untuk saya ? Membuat toko online sendiri atau membuat thread jual beli di website gratisan ?

Perbedaan Toko Online dengan Toko bagus

 

PRODUK DAN TUJUAN

Pertimbangan pertama dalam memutuskan menjual melalui toko online atau toko bagus adalah spesifikasi barang yang anda jual, kira-kira bagaimana ketersediaan produk anda di masa mendatang ?

Jika supplier anda beli sekali terus tidak jual lagi, maka pilihan terbaik adalah toko bagus atau toko online gratisan lainnya. Sebaliknya jika supplier anda tetap menjual produk tersebut namun berbeda model dan variannya maka toko online adalah pilihan yang tepat.

Hal ini berhubungan dengan sistem peringkat dan jangka waktu iklan gratis yang anda pasang. Sistem peringkat portal jual beli gratis. adalah terbaru-terlama. Artinya iklan hari ini akan muncul di atas iklan kemarin. Iklan hari ini juga akan tergeser oleh  iklan besok.

Sistem iklan di Toko bagus adalah terbaru kemudian terlamaSekarang, berapa jumlah iklan baru yang muncul setiap harinya ? Setiap jam dan setiap menitnya ? Dalam hitungan jam saja, iklan buatan anda pastiakan terlempar ke halaman belakang. Supaya anda bisa tetap muncul di halaman depan, si pengelolah memberikan fasilitas khusus dengan nominal tertentu. Artinya, anda harus menjadi anggota berbayar.

Anggota berbayar mendapat fasilitas lebih daripada anggota gratisan.

Yang tidak pernah anda pikirkan adalah, jika jumlah uang untuk mendapatkan fasilitas khusus ini diakumulasikan, maka nominalnya jauh lebih besar daripada membuat toko online sendiri. Parahnya, anda menjadi terikat dengan fasilitas ini. Selama anda membayar maka produk anda akan terjual, jika berhenti, maka penjualan anda akan merosot.

Akan ada masanya, dimana anda harus menguprade keanggotaan anda karena jumlah produk yang anda jual semakin banyak dan bervariasi. Artinya, biaya pemasaran anda berbanding lurus dengan penjualan anda. Portal jual beli gratisan memang enak di depan sementara memiliki toko online sendiri enak di kemudian hari.

Berapapun produk yang anda jual, biaya domain dan hosting akan sama. Sekalipun anda meng-uprade hosting anda, nilainya sangat-sangat kecil, sebatas uang parkir saja.

Iklan yang anda pasang memiliki jangka waktu pemasangan, tapi umumnya lama, sebelum di non-aktifkan oleh pengelolah. Masalahnya bukan di expire date tetapi pada up to date-nya. Iklan hari ini jauh lebih dipercaya daripada iklan kemarin. Iklan kemarin lebih memiliki relevansi daripada iklan minggu lalu. Seorang pembeli yang menemukan iklan anda yang terpasang 1 bulan lalu akan melewatkannya sekalipun barang yang anda jual masih ada. Belum lagi masalah harganya, tentu saja harga saat ini berbeda dengan harga sebulan lalu (sekalipun anda tetap merevisinya)

Cara menjadi recomended seller di forum jual beliPertimbangan kedua adalah tujuan anda jual beli online. Anda iseng atau bertekad menjadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan utama atau pekerjaan sampingan anda.

Jika untuk jangka panjang, buatlah toko online. Bila untuk jangka pendek, pakailah web iklan online gratis seperti tokobagus.com, berniaga.com dan lain-lainnya. Jika anda masih bingung, cobalah yang gratisan dulu lalu ambilah keputusan setelah dua bulan mengelutinya.

Toko online memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi daripada web gratisan, forum atau portal jual beli. Memang ada peringkat, verified member dan recommended seller dalam portal gratisan ini. Tetapi anda harus tahu bahwa status itu membutuhkan perjuangan, sumber daya dan waktu ! Recommended seller biasanya adalah pemain lama situs itu. Demikian juga dengan member yang peringkatnya jendral ! Tidak ada yang instan, percayalah !

 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Kelebihan utama jual beli gratis dan forum adalah traffic-nya yang besar. Sudah banyak pembeli maupun penjual yang terkumpul di sana. Namun kelebihan ini sekaligus juga kelemahannya.

cara mengatasi pembeli yang suka menawarBanyak seller berarti tingkat persaingannya tinggi. Semakin banyak penjual, semakin keras perang harganya. Yang murah dan yang pelayanannya baik akan menang. Dari sisi pembeli, mereka juga akan mengesalkan kita. Mereka membandingkan produk kita, menawar dengan kejam dan banyak bertanya tentang hal yang sudah jelas tertulis.

Itulah pasar, tempat bertemunya banyak penjual dan pembeli. Sangat wajar berbasa-basi dulu sebelum menawar barang.

Sebaliknya, kekurangan membuat toko online sendiri adalah pengunjung yang sedikit. Anda harus mencari traffic sendiri. Jika portal jual beli gratisan bisa 10.000 orang/hari, maka traffic toko. online anda sendiri hanya 10 orang/hari. Malahan pada tahap awalnya berdirinya web anda tidak akan ada pengunjungnya. Sekali lagi, hal ini sangat wajar dan alami.

Kelebihan memiliki toko online sendiri adalah tingkat kepercayaan pembeli yang lebih tinggi. Tentu saja tidak semerta-merta begitu, ada tekniknya. Keuntungan lainnya adalah merk.

Darimana pembeli mengetahui produk anda ? Tokobagus, Kaskus atau situs gratisan lainnya ? Pembeli tidak akan mengingat-ingat nama toko anda karena terlalu banyak informasi di sana. Dia juga tidak akan mereferensikan nama toko anda ke teman mereka. Yang mereka viralkan adalah brand “TokoBagus”, bukan merk toko anda.

“Beli di mana bro ?” tanya teman anda.
“Browsing aja di toko bagus, di sana banyak pilihannya.”

“Beli di mana bro ?” tanya teman anda.
“Beli di Toko28.com. Barangnya berkualitas, harganya bersahabat.”

Nah, 5 tahun lagi, anda ingin dikenal dengan nama toko online anda atau nama toko bagus ?

 

KESIMPULAN

Cara terbaik untuk jual beli online adalah mengkombinasikan toko online sendiri dengan toko online gratisan. Gunakan kedua senjata ini dengan bijaksana.

Pasar online bukan sebatas kaskus, toko bagus, buka lapak dan forum jual beli gratisan lainnya. Pasar online adalah seluruh dunia, setiap tempat dimana orang bisa mengakses internet. Bisa dari luar kota atau bisa-bisa tetangga anda sendiri.

Sebagaimana blackberry memiliki komunitasnya sendiri, demikian juga dengan kaskus,  facebook atau google plus. Masukilah dunia mereka, ikuti budayanya dan saya yakin anda akan sukses bisnis online.

Mulai ditulisnya artikel ini, kami siap melayani pembuatan toko online dengan konsep yang berbeda karena kami telah melakukan eksperimen sendiri. Silahkan menghubungi kami untuk mengetahui letak perbedaannya. Sukses untuk anda !

Related Content